Bandara Kalimarau Berau Tingkatkan Kinerja Pengiriman Kargo

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 03/Feb/2024 18:54 WIB
Pertemuan dengan stakeholder kargo Pertemuan dengan stakeholder kargo


BERAU (BeritaTrans.com) - Kepala Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kalimarau Berau Ferdinan Nurdin gelar pertemuan strategis dengan Direktur Operasi Kargo PT Lion Group serta sejumlah pemangku kepentingan lainnya, untuk membahas langkah-langkah pengembangan potensi pengiriman kargo melalui Bandara Kalimarau, di Kabupaten Berau Propinsi Kalimantan Timur, Kamis (1/2/2024). 

“Kami secara kolaboratif membahas strategi mempercepat dan mempermudah proses pengiriman kargo, sehingga dapat menjadi pendorong utama dalam meningkatkan distribusi logistik di wilayah Kaltim, meningkatkan perekonomian serta menurunkan tingkat inflasi di Berau,” jelas Ferdinan. 

Baca Juga:
Menhub Tinjau Kondisi Fasilitas Bandara APT Pranoto Samarinda

Selain itu dilakukan peninjauan menyeluruh terkait fasilitas, sarana, dan prasarana yang dimiliki Bandara Kalimarau sebagai persiapan agar konsolidator eksportir dapat melaksanakan kegiatan pengiriman barang kargo di Bandara Kalimarau.

Kabupaten Berau memiliki komoditas marine product seperti Ikan Kerapu yang dikirimkan ke Hong Kong sebanyak 15 ton perbulan, selain itu juga terdapat komoditas lain seperti Kepiting, Udang Ronggeng, Gurita, Baby Octopus, dan ikan Buntal dengan permintaan pembeli menginginkan komoditas yang dikirimkan tersebut dalam keadaan fresh dan hidup dengan estimasi total tonase yang dikirim ekspor sebesar 50 ton perbulan.

Baca Juga:
Tol Balikpapan-Samarinda Segera Beroperasi, Konektivitas Darat ke Bandara SAMS Sepinggan Semakin Cepat

"Saat ini, para eksportir mengirimkan komoditas tersebut ke Jakarta atau Surabaya untuk melakukan pemeriksaan oleh Balai Karantina Indonesia dan Bea Cukai, sehingga memakan lebih banyak waktu dan biaya," katanya. 

Sejalan dengan Instruksi Presiden No.5 Tahun 2020 tentang Penataan Ekosistem Logistik Nasional yang bertujuan untuk memangkas bisnis proses, waktu, dan biaya pengiriman logistik, maka diharapkan agar program NLE tersebut dapat terlaksana di Bandara Kalimarau guna optimalisasi pengiriman kargo dan ekspor dengan melakukan pemeriksaan komoditas kargo ekspor langsung di Bandara Kalimarau.

Selain potensi pengiriman kargo, Ferdinan turut menjelaskan bahwa Kabupaten Berau juga memiliki beberapa potensi lainnya seperti peluang usaha hiburan, destinasi wisata, dan UMKM lokal. 

“Dengan besarnya potensi yang dimiliki harapannya agar para pelaku usaha kargo tidak hanya fokus kepada pengusahaan kargo di Bandara Kalimarau saja, namun dapat membuka peluang bisnis lainnya sehingga dapat meningkatkan frekuensi masyarakat yang berkunjung ke Bandara Kalimarau,” tutup Ferdinan. (omy)