Kartu Multi Trip Ticket MRT Bakal Dihapus, Penumpang Harus Pakai Apa?

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 22/Feb/2024 07:04 WIB
Kartu MTT MRT Jakarta. (Ist) Kartu MTT MRT Jakarta. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Penumpang Kereta MRT nantinya tidak akan lagi bisa membayar menggunakan kartu jelajah berganda atau Multi Trip Ticket (MTT) milik MRT Jakarta.

Diketahui, PT MRT Jakarta (Perseroda) tak lagi menjual Kartu Jelajah Berganda atau Multi Trip Ticket (MTT) mulai 1 Januari 2024 lalu. 

Baca Juga:
Penandatanganan Paket Kontrak 205 MRT Jakarta Disaksikan Menhub

Penumpanv langganan yang masih memiliki kartu Multi Trip MRT Jakarta masih bisa digunakan hingga Oktober dan kemudian permanen tidak lagi bisa digunakan mulai November 2024.

Direktur Operasi dan Pemeliharaan MRT Jakarta, Mega Tarigan mengatakan kartu uang elektronik dari beberapa bank masih bisa digunakan. Jadi, yang akan disetop permanen mulai November 2024 adalah kartu multi trip milik MRT Jakarta.

Baca Juga:
Proyek Transportasi Jakarta 2025-2044, Ini Rancangannya!

"Untuk sunset MTT produk MRT saja, sedangkan kartu bank lainnya, ada 5 kartu tetap diterima pada fasilitas tiket MRT, Bank Mandiri, BCA, Bank DKI, BNI, BRI, terbitan 5 bank itu masih bisa digunakan," kata dia kepada wartwam di Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Selasa (20/2/2024).

Mega menjelaskan, alasan mengapa pihaknya melakukan pensiun untuk kartu MTT itu karena ingin fokus pada pengembangan digital. Jadi, pembayaran untuk perjalanan MRT secara digital atau menggunakan aplikasi.

Baca Juga:
Proyek MRT Jakarta Fase 2A Thamrin-Monas Capai 67,26 Persen, Begini Progresnya!

"Jadi ingin memfokuskan di situ. Pengguna kartu mungkin juga akan sunset ya juga seperti dengan adanya rencana MLFF. Pengguna kartu uang elektronik itu kan paling besar berkembang sejak bayar tol pakai kartu. Tetapi once ini sukses proyeknya (pembayaran secara digital), ini akan berkurang juga (pengguna kartu)," jelasnya.

"Kita melihat operator lain KCI juga bergerak ke arah yang sama mengembangkan bisnis digital," tambahnya.

Sebagai informasi, sebelumnya telah diumumkan bahwa MRT Jakarta tak lagi menjual Kartu Jelajah Berganda atau Multi Trip Ticket (MTT) mulai 1 Januari 2024. Hal itu diumumkan MRT Jakarta melalui Instagram @mrtjkt.

"Teman MRT, mulai 1 Januari 2024 Kartu Jelajah Berganda/Multi Trip Ticket (MTT) tidak lagi dijual," tulis MRT seperti dikutip, Kamis (4/1/2024).

Meski demikian, MRT Jakarta menyatakan, kartu tersebut masih dapat di-topup dan digunakan hingga Oktober 2024. Kebijakan ini diterapkan sejalan dengan rencana MRT dalam memulai era pembayaran digital. Hal ini diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi pelanggan.

"Bagi pelanggan yang ingin mengambil saldo MTT menjadi uang tunai, pelanggan dapat datang ke loket yang ada di Stasiun untuk dilakukan refund sesuai dengan nominal saldo yang terdapat di dalam kartu," bunyi keterangan MRT lebih lanjut.(fhm)