Presiden Jokowi Resmikan Terminal Samarinda Seberang

  • Oleh : Naomy

Rabu, 28/Feb/2024 19:50 WIB
Presiden Joko Widodo saat peresmian terminal Samarinda Presiden Joko Widodo saat peresmian terminal Samarinda


SAMARINDA (BeritaTrans.com) - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan Terminal Penumpang Tipe A Samarinda Seberang, Kalimantan Timur, Rabu (28/2/2024).

Presiden menyampaikan, revitalisasi terminal ini diharapkan dapat mendorong perpindahan dari penggunaan kendaraan pribadi menuju kendaraan umum. 

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

Pasalnya, saat ini kemacetan telah terjadi di hampir semua kota besar, tak terkecuali Samarinda.

"Di Jakarta ada KRL, LRT, MRT, Transjakarta, dan ada kereta cepat. Itupun masih macet di semua titik. Oleh sebab itu, kota-kota selain Jakarta harus mempersiapkan diri menghadapi kepadatan lalu lintas," ujar Presiden.

Baca Juga:
Posko Terpadu Angkutan Lebaran Resmi Ditutup, Ada 242 Juta Pergerakan

Presiden menambahkan, citra seluruh terminal akan diubah. Jika sebelumnya terminal identik dengan kawasan yang kumuh, kotor, tidak tertata, serta banyak premannya, kini wajah terminal menjadi bersih, rapih, dan tertata.

Selain itu, revitalisasi terminal ini juga merupakan sebuah upaya mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Baca Juga:
Pergerakan Penumpang Angkutan Umum Masih Tinggi

Samarinda merupakan salah satu penyangga Ibu Kota. Nantinya akan ada integrasi transportasi yang akan memudahkan mobilitas masyarakat di wilayah penyangga IKN.

"Kami merencanakan juga titik keberangkatan dari Samarinda ke IKN yang nantinya akan ditempuh dalam 1,5 jam. Ini merupakan titik jumpa dari IKN menuju Samarinda," tutur Presiden.

Terminal Samarinda Seberang yang memiliki total luas lahan 6.682 m2 telah diproses revitalisasi sejak tahun 2020 sampai dengan tahun 2022.

Sepanjang tahun 2023, terminal Samarinda Seberang telah melayani 22.170 penumpang kedatangan dan
41.005 penumpang keberangkatan.

Terminal ini melayani trayek bus antar kota antar provinsi (AKAP) rute Samarinda-Banjarmasin.

Turut hadir dalam acara, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, dan Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik. (omy)