Commmuter Line Basoetta Diuji Coba di Stasiun Rawabuaya Mulai 1 Maret, Ada Tarif Promo ke Manggarai-Bandara

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 29/Feb/2024 18:25 WIB
KA Bandara di Stasiun BNI City. (Ilustrasi) KA Bandara di Stasiun BNI City. (Ilustrasi)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - KAI Commuter akan menambah layanan berupa stasiun baru untuk KA Commuterline Bandara Soekarno-Hatta di Stasiun Rawabuaya mulai 1 Maret 2024, besok.

"Untuk meningkatkan layanan perjalanan Commuter Line khususnya perjalanan Commuter Line Bandara Soekarno Hatta. Mulai 1 Maret 2024 KAI Commuter lakukan uji coba penambahan layanan pemberhentian perjalanan Commuter Line Bandara Soetta untuk naik turun pengguna di Stasiun Rawabuaya," ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba Kamis. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Sebelumnya, Commuterline Basoetta hanya dilayani di Stasiun Mangarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, Stasiun Batuceper dan Stasiun Bandara Soetta saja. 

"Selain penambahan stasiun pelayanan untuk naik dan turun pengguna tersebut, KAI Commuter juga akan melakukan penyesuaian jadwal keberangkatan dan kedatangan perjalanan Commuter Line Bandara Soetta di Stasiun Bandara Soetta," tambah Anne.

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Dijelaskan, penyesuaian tersebut lebih cepat sekitar 3-4 menit dari awal pemberangkatan sebelumnya dari Stasiun Bandara Soetta dan sekitar lebih lama 4-5 menit untuk tiba di Stasiun Bandara Soetta. 

Untuk pengaturan jalur pemberangkatan Commuter Line Bandara Soetta untuk menuju Stasiun BNI City atau Stasiun manggarai akan dilayani di jalur 2 stasiun. Sedangkan pemberangkatan Commuter Line Bandara Soetta tujuan Stasiun Bandara Soetta akan dilayani di jalur 3 stasiun.

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

KAI Commuter juga akan menambah fasilitas layanan berupa kursi di area tunggu peberangkatan Commuter Line Bandara Soetta serta pemutakhiran gate elektronik di Stasiun Rawabuaya sehingga bisa melayani transaksi KMT maupun tiket Commuter Line Bandara Soetta. 

"Secara bertahap akan menambahkan fasilitas layanan lainnya seperti penambahan toilet, parkir sepeda, kipas angin dan penambahan fasilitas dispenser air minum gratis," lanjut Anne.

Dengan melayani sebanyak 56 perjalanan tiap harinya, diprediksi Stasiun Rawabuaya akan melayani pengguna Commuter Line Bandara yang naik maupun turun sebanyak 1.029 orang perharinya. 

Di Stasiun Rawabuaya setiap harinya melayani sebanyak 124 perjalanan Commuter Line Tangerang dengan rata-rata volume pengguna sebanyak 7.000 pengguna pada hari kerja.

"Dengan penambahan pemberhentian stasiun ini, diharapkan Commuter Line Bandara Soetta bisa menjadi alternatif pilihan transportasi lain bagi masyarakat di sekitar wilayah Tangerang untuk melakukan mobilisasi ke bandara ataupun ke wilayah-wilayah pusat perkantoran di sekitar Sudirman dan Manggarai atau pun sebaliknya," imbuh Anne.

KAI Commuter mengimbau dengan penyesuaian ini, para pengguna Commuter Line Bandara Soetta dapat menyesuaikan kembali waktu perjalanannya sesuai dengan jadwal yang berlaku. Informasi terbaru dapat disimak melalui website commuterline.id atau sosial media resmi KAI Commuter @commuterline dan @kacommuterbandara

Tarif Promo Masa Uji Coba

Selama masa uji coba ini KAI Commuter akan memberikan tarif promo, nantinya di Stasiun Rawabuaya pengguna bisa menggunakan layanan Commuter Line Bandara Soetta untuk tujuan Stasiun BNI city atau Stasiun Manggarai dengan tarif sebesar Rp. 15.000,- sedangkan tujuan Stasiun Bandara Soetta dengan tarif Rp. 25.000,-. 

Sementara itu untuk tarif promo dari Stasiun Rawabuaya menuju Stasiun Duri atau sebaliknya sebesar Rp. 10.000,-
(fhm)