Ditjen Hubdat Gelar Rakor Terkait Arus Libur Lebaran di Lintas Merak-Bakauheni

  • Oleh : Naomy

Kamis, 14/Mar/2024 14:33 WIB
Rakor Angleb Penyeberangan Rakor Angleb Penyeberangan

CILEGON (BeritaTrans.com) - Pemerintah berkomitmen meningkatkan pelayanan angkutan penyeberangan dan mengantisipasi lonjakan arus libur lebaran 2024/1445 H. 

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan bersama Korlantas Polri dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) serta stakeholders terkait menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Penyelenggaraan Angkutan Lebaran Tahun 2024/1445 H Lintas Penyeberangan Merak - Bakauheni di Merak, Kamis (14/32024).

Baca Juga:
Kakorlantas Puji Penerapan Delaying System, Dorong Antrean Kendaraan ke Pelabuhan Cepat Terurai!

"Sarana dan prasana perlu dipersiapkan dengan baik, mengingat kemungkinan volume kendaraan akan meningkat dibandingkan tahun lalu. Pada angkutan lebaran tahun lalu V/C Ratio sebesar 0,57. Tahun ini diharapkan bisa lebih baik karena ada skema penundaan perjalanan dan juga buffer zone," tutur Direktur Jenderal Perhubungan Darat Hendro Sugiatno.

Pergerakan orang pada Angkutan Lebaran 2024 diprediksi naik sekitar 15% mengacu dari realisasi Angkutan Lebaran tahun 2023.

Baca Juga:
Menhub Pesan Agar ASDP Prioritaskan Layanan dengan Kapal Berkapasitas Besar

Direncanakan pada libur lebaran nanti, ada beberapa pelabuhan perbantuan untuk memecah kepadatan kendaraan.

"Seperti pengoperasian Pelabuhan Ciwandan, BBJ Bojonegara, BBJ Muara Pilu dan Pelabuhan Indah Kiat (emergency) yang mengarah ke Pulau Sumatera," ungkapnya. 

Baca Juga:
Siap Layani Angleb 2024, ASDP Pastikan Kesiapan 51 Dermaga dan 215 kapal

Mulai 3 April 2024 pukul 00.00 WIB s.d 9 April 2024 pukul 24.00 WIB menurut Dirjen Hendro, penumpang pejalan kaki, kendaraan golongan IV a s.d golongan VI a akan melalui Pelabuhan Merak. 

Sedangkan Pelabuhan Ciwandan akan melayani kendaraan Golongan I, II, II, VIb dan VII. Untuk Pelabuhan BBJ Bojonegara akan berfokus pada kendaraan Golongan VIII dan IX.

Nantinya saat pembelian tiket melalui Ferizy baik angkutan orang ataupun angkutan barang sudah akan tercantum lokasi pemberangkatan dari Pelabuhan Merak, Ciwandan atau BBJ Bojonegara. 

"Dengan demikian diharapkan tidak ada kendaraan yang memasuki Pelabuhan yang tidak sesuai peruntukannya," tegasnya.

Lintas Merak-Bakauheni rencananya akan dioperasikan 55 kapal (ekspres dan reguler), sementara lintas Ciwandan - Bakauheni disiapkan 10 kapal dan BBJ - Muara Pilu akan dilayani lima kapal.

Dirjen Hendro menambahkan, melihat situasi dan kondisi cuaca seperti sekarang ini, apabila kapal tidak dimungkinkan untuk berlayar semua petugas di lapangan agar berkoordinasi dan kolaborasi. 

Hal itu agar tidak terjadi penumpukan kendaraan di satu titik dan bila dibutuhkan kapal tambahan segera untuk disiapkan.

Di samping itu pada sektor transportasi kereta api yang semula stasiun pemberhentian akhirnya adalah Stasiun Merak dialihkan menjadi ke Stasiun Cilegon. 

"Nantinya akan ada shuttle bus untuk pengguna jasa yang dilayani secara gratis," imbuh dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Aan Suhanan menyetujui bahwa pentingnya koordinasi dan kolaborasi untuk pengelolaan angkutan lebaran yang lebih baik di tahun ini, salah satu buktinya adalah dengan penetapan Surat Keputusan Bersama (SKB).

"Kami telah menyiapkan beberapa Cara Bertindak (CB) untuk mengatur arus lalu lintas yang ke arah Pelabuhan Penyeberangan baik di wilayah Banten atau Lampung. Diharapkan nanti di lapangan semua petugas bisa berkoordinasi dan membantu masyarakat untuk mengarahkan Pelabuhan yang akan dituju sesuai yang tertera pada tiket," paparnya.

Pihaknya akan melakukan koordinasi di beberapa titik delaying system dan buffer zone, yang disediakan PT ASDP, seperti di Rest Area KM 43 A dan KM 68 A pada ruas Jalan Tol Tangerang - Merak serta lahan PT Munic Line pada ruas jalan Cikuasa Atas.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Ira Puspadewi menyampaikan, untuk mengantisipasi kemacetan diharapkan para pengguna jasa bisa membeli tiket Ferizy jauh-jauh hari atau maksimal di H-1 hari keberangkatan. 

"Pihaknya juga memberlakukan pembatasan pembelian tiket dengan radius larangan," katanya.

Untuk pembelian tiket Pelabuhan Merak sejauh 4.71 KM dari titik tengah pelabuhan terluar dan pelabuhan Bakauheni sejauh 4.24 KM dari titik tengah pelabuhan terluar.

Dia berharap seluruh stakeholders dapat membuat skenario simulasi terkait cuaca ekstrem dan juga skenario operasional mengingat kemungkinan adanya peristiwa-peristiwa luar biasa yang mungkin terjadi. (omy)