Tol Bocimi Seksi Cibadak-Sukabumi Bakal Diresmikan Selesai Lebaran

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 14/Mar/2024 21:44 WIB
Foto:Istimewa Foto:Istimewa

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut Jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) seksi 3 Cibadak-Sukabumi sebentar lagi akan rampung.

Diperkirakan peresmiannya usai Lebaran.

Baca Juga:
Tol Soreang-Bandung Bikin Perjalanan Jadi 15 Menit Saja

Basuki menjelaskan Tol Bocimi menjadi salah satu jalan yang akan membantu dalam mendukung kesiapan arus mudik Lebaran 2024 di Jawa.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seksi 3 yakni sampai ke Sukabumi Barat siap turut serta difungsionalisasikan.

Baca Juga:
Perjalanan Nyaman Menuju Surabaya dan Malang, Simak Cara Memesan Tiket Bus Double Decker DAMRI

"Iya (sampai ke Sukabumi Barat). (Diresmikan) habis Lebaran kira-kira," kata Basuki, ditemui di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Rabu (13/3/2024).

Selain itu, menurut Basuki, tidak banyak ruas tol tambahan di Pulau Jawa yang baru mulai dioperasikan pada Lebaran 2024 ini. Beberapa di antaranya yaitu Bocimi dan Jalan Tol Solo-Yogya.

Baca Juga:
Proyek Tol Gilimanuk-Mengwi Ditargetkan Mulai Dibangun Akhir 2024

"Bocimi nanti bisa sampai ke Sukabumi Barat tambahannya. Di Solo-Yogya juga sudah bisa sampai 42 km, yang kemarin kan baru 13 km pada saat Nataru. Nah ini akan bisa sampai ke Gondang, Klaten, lebih lagi ke arah Yogya," kata Basuki.

"Itu sudah bisa paling sedikit melewati 38 lampu merah. Bayangkan kalau 1 lampu merah 3 menit, 38 sudah 108 menit. Mendekati 2 jam berhenti di lampu merah. Kalau ini ada dari Kartasuro sampai ke Gondang mungkin sudah bisa lebih cepat," sambung Basuki.

Sebagai informasi, pada Tol Trans Sumatera juga ada beberapa ruas baru yang sudah bisa dilalui pada libur Lebaran 2024 ini. Namun Basuki tidak merincikannya lebih lanjut.

Adapun salah satunya ialah ruas-rusa tol di kawasan Sumatera Utara. (fhm)