Menhub Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen

  • Oleh : Naomy

Minggu, 07/Apr/2024 16:13 WIB
Menhub sapa petugas di Stasiun Pasar Senen Menhub sapa petugas di Stasiun Pasar Senen


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, dan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo, meninjau kondisi arus mudik terkini di Stasiun Pasar Senen, Sabtu (6/4/2024).

Menhub menyampaikan sejumlah pesan kepada para petugas terkait hal yang perlu diperhatikan dalam menghadapi arus mudik. 

Baca Juga:
Menhub Temui MILT dan JICA, Bahas Perkembangan Sejumlah Infrastruktur Transportasi dengan Jepang

Pertama, pentingnya melakukan ramp check yang menyeluruh agar perjalanan selamat.

"Ramp check itu bukan hanya berkaitan dengan keretanya saja, tapi juga prasarananya. Prasarana harus dicek juga karena kadang-kadang kita lalai untuk mengeceknya," tutur Menhub.

Baca Juga:
Hari Kedua Kunker Menhub di Jepang, Siap Fasilitasi Investasi TOD MRT Jakarta

Kedua adalah memastikan posko yang sudah dibentuk agar dapat berfungsi dengan maksimal untuk mengawal berjalannya mudik. 

Untuk itu, Menhub mengimbau para pimpinan, Dirut dan para direktur KAI untuk mengontrol agar posko dapat berfungsi dengan baik. Lalu ketiga adalah pentingnya antisipasi cuaca. 

Baca Juga:
Menhub Temui Sejumlah Pihak di Jepang, Bahas Kerja Sama Transportasi

"Antisipasi cuaca ini penting karena cuaca belakangan mengakibatkan longsor di beberapa tempat. Perlu jadi perhatian terutama dari Garut, Tasikmalaya sampai Purwokerto. Tim lapangan tolong disiapkan dan dicek apakah mereka sudah siap jika menghadapi kondisi cuaca tertentu," bebernya.

Diluar hal itu, Menhub menilai kondisi arus mudik hingga kini masih aman terkendali. Dirut KAI melaporkan bahwa Sabtu (6/4) ini mencapai jumlah pemudik tertinggi di stasiun selama masa arus mudik, yakni sebanyak 20.800 orang. 

Meski tingkat perjalanan tinggi, faktor keselamatan, keamanan dan ketepatan waktu keberangkatan masih terjaga.

Kapolri Listyo mengapresiasi arus mudik menggunakan kereta api yang dapat berjalan dengan aman kali ini. 

Apalagi, kereta merupakan salah satu transportasi favorit yang sangat diminati oleh para pemudik.

"Tentunya kita harapkan semuanya bisa terlayani dengan baik. Secara umum sampai dengan hari ini, dari sisi keamanan masih terjaga. Mudah-mudahan dengan kesiapan personel keamanan serta kesiapan dari KAI, semua pemudik bisa terlayani dengan baik," ujar Kapolri.

Sementara itu, Panglima TNI Jenderal Agus menyampaikan pengamanan dan pelayanan di Stasiun Senen maupun di sejumlah stasiun lainnya sudah terpadu. Hal ini berkat sinergitas dan kolaborasi dari seluruh pihak, yakni baik dari Kemenhub, Polri, TNI, maupun PT KAI. (omy)