AirAsia Bidik Sinergi Penerbangan dan Hotel di Lombok

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 04/Des/2020 08:01 WIB
Pertemuan antara Dirut AirAsia Indonesia dan Gubernur NTB (AirAsia) Pertemuan antara Dirut AirAsia Indonesia dan Gubernur NTB (AirAsia)

MATARAM (BeritaTrans.com) - AirAsia Indonesia bertemu Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkieflimansyah untuk menyampaikan performa rute AirAsia di Lombok serta realisasi rencana perusahaan dalam mendukung geliat ekonomi masyarakat di Nusa Tenggara Barat khususnya Lombok dengan menambah jumlah inventory hotel-hotel di Lombok ke dalam platform airasia.com.

Pada Oktober dan November AirAsia menurut Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga, telah menerbangkan 187 penerbangan dari dan ke Lombok dengan tingkat keterisian beberapa penerbangan di November mencapai 70% sesuai kapasitas maksimal yang ditetapkan oleh pemerintah di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga:
Promo Terus, Kali Ini Indonesia AirAsia kasih Hemat 20% pada Rute Internasional

Jumlah penumpang AirAsia yang mengunjungi Lombok juga meningkat hampir dua kali lipat dalam dua bulan terakhir, dan diperkirakan terus meningkat di Desember.

"Untuk mengantisipasi peningkatan ini, AirAsia telah menambah frekuensi penerbangan rute Lombok-Jakarta menjadi 14 kali per minggu dari sebelumnya tujuh kali, dan telah melayani rute Lombok-Surabaya dengan frekuensi empat kali per minggu," tutur Vera dalam keterangan tertulis, Jumat (4/12/2020).

Baca Juga:
Dampak Erupsi Gunung Ruang dan Bandara Samratulangi Ditutup Sementara, 2 Penerbangan IAA Rute Kinabalu Dibatalkan

Selain itu, kini Lombok telah terhubung dengan Medan melalui Jakarta, dan segera terhubung ke kota-kota lainnya. Di Desember ini, AirAsia telah menyediakan kapasitas sebanyak lebih dari 10.000 kursi untuk penerbangan dari dan ke Lombok.

Pertemuan dengan Gubernur hari ini merupakan lanjutan kerja sama antara AirAsia dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat yang telah dimulai sejak lama.

Baca Juga:
Selama Libur Lebaran, Indonesia AirAsia Angkut 310.000 Penumpang

"Kami senang pernah menjadi bagian revitalisasi pariwisata Lombok di tahun 2019 dengan membuka konektivitas langsung ke Perth, Australia dan destinasi-destinasi wisata domestik di tanah air seperti Bali, Yogyakarta, dan Surabaya serta menambah frekuensi penerbangan ke hub AirAsia di Kuala Lumpur yang terhubung dengan ratusan kota di Asia dan dunia yang telah turut menambah sekitar 318 ribu penumpang dari dan ke Lombok tahun lalu," urainya.

Pihaknya yakin dapat sama-sama kembali bangkit dari situasi saat ini dengan terus bersinergi, melakukan upaya promosi bersama produk dan layanan pelaku industri wisata, tidak hanya hotel namun produk pendukung seperti aktivitas, transportasi, dan lainnya, untuk mendorong dan mempercepat pemulihan perekonomian masyarakat.

"Sinergi antara Lombok dan platform airasia.com ini kami harapkan menghasilkan penawaran-penawaran harga menarik sehingga dapat meningkatkan daya tarik Lombok bagi jutaan basis pelanggan AirAsia yang tersebar di berbagai kota, dan berkontribusi positif terhadap jumlah kunjungan ke Lombok," imbuh Vera.

Hal ini ditambah dengan komitmen AirAsia Indonesia untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat, menyediakan bagasi gratis 15 kg, dan menjaga kapasitas sesuai peraturan pemerintah.

Pada pertemuan tersebut AirAsia juga menjabarkan komitmen terhadap penerapan protokol kesehatan selama proses penerbangan, serta inovasi-inovasi yang telah dilakukan untuk membuat perjalanan udara lebih aman dan nyaman, yang baru-baru ini mendapat pengakuan dengan peringkat tertinggi dari para ahli aviasi di Airlineratings.com.

"Kami menjalankan protokol kesehatan secara ketat untuk keamanan dan kenyamanan masyarakat yang ingin bepergian selama masa adaptasi kebiasaan baru untuk keperluan dinas, bisnis, maupun kunjungan keluarga, juga untuk mendukung ekosistem pariwisata agar tetap aman, nyaman, dan terjaga. Kami mengajak warga NTB merasakan kenyamanan terbang bersama AirAsia ke berbagai destinasi di tanah air," tambah Vera.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB H. Lalu Mohammad Faozal, dan Veranita Yosephine Sinaga pada acara Pengenalan Potensi Kerja Sama Hotel dan airasia.com di Mataram 2 Desember 2020.

Sebagai rangkaian kegiatan di Lombok AirAsia juga mengadakan acara pengenalan potensi kerja sama antara platform airasia.com dengan hotel-hotel di Lombok yang diselenggarakan di Hotel Golden Palace, Mataram 2 Desember 2020.

Acara tersebut dihadiri puluhan perwakilan manajemen hotel se-Nusa Tenggara Barat baik hotel independen maupun berjaringan yang beroperasi di Lombok.

Turut hadir sebagai narasumber Direktur Utama AirAsia Indonesia Veranita Yosephine Sinaga, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat mewakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak H. Lalu Mohammad Faozal, Bapak Eddy Krismeidi Soemawilaga Head of Indonesia Affairs and Policy AirAsia, serta Senior Manager Marketing airasia.com Priska Lampangateia.

Pada acara tersebut AirAsia menjelaskan update terkini dari platform airasia.com yang kini sudah mencakup berbagai layanan tambahan, serta menawarkan kerja sama untuk meningkatkan visibilitas sehingga memudahkan jutaan pelanggan AirAsia mengakses penawaran harga terbaik paket penerbangan dan hotel di Lombok.

Adapun pola kerja sama yang ditawarkan yaitu:

Hotel offer on ticket booking, yaitu pelanggan yang melakukan pemesanan tiket di airasia.com akan ditawari untuk melengkapi pembeliannya dengan akomodasi hotel sesuai destinasi penerbangannya.

Hotel independent, yaitu pelanggan yang telah memiliki tiket akan ditawari hotel dengan penawaran terbaik untuk dibeli secara terpisah.

SNAP, yaitu paket penerbangan AirAsia dengan hotel yang ditawarkan dengan harga lebih hemat dibandingkan jika dibeli secara terpisah.

"Dengan bergabungnya lebih banyak hotel di platform airasia.com  pelanggan akan dapat dengan mudah mengkombinasikan pembelian penerbangan AirAsia langsung dengan hotel yang ditawarkan sebagai paket dengan harga atraktif," kata Vera.

Pelanggan juga tetap dapat membeli hotel secara terpisah dengan menambahkan hotel di tiketnya, atau membeli hotel saja tanpa tiket pesawat.

airasia.com mengutamakan kerja sama dengan hotel-hotel yang telah memenuhi protokol kesehatan dan menjalankan sertifikasi CHSE (Clean, Healthy, Safety and Environmental Sustainability) serta mendukung gerakan Bersih, Indah, Sehat, Aman (BISA) untuk menjamin kenyamanan para pelanggannya. (omy)