Nyamannya Naik KMP Batu Mandi dari Pelabuhan Bakauheni saat Arus Balik Libur Tahun Baru

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 03/Janu/2021 15:50 WIB
KMP Batumandi Panjang saat proses menurunkan kendaraan di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (2/1/2021) malam. KMP Batumandi Panjang saat proses menurunkan kendaraan di pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (2/1/2021) malam.

BAKAUHENI (BeritaTrans.com) - Melakukan perjalanan darat dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa tentu harus dilalui dengan menyeberang menggunakan kapal feri di Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Suasana pelabuhan ramai oleh kendaraan arus balik liburan tahun baru menuju Pulau Jawa.

Baca Juga:
Kepala Bakamla RI Hadiri Peluncuran Penyelenggaraan Sail Teluk Cendrawasih

BeritaTrans.com dan Aksi.id,  membeli tiket kapal ekspres, pada layanan aplikasi Ferizy dengan membayar Rp588 ribu untuk golongan kendaraan kelas minibus.

Kendaraan langsung diarahkan untuk antre terlebih dahulu di Dermaga Eksekutif.

Baca Juga:
Kapal Hanyut di Mamberamo Raya Papua, 8 Orang Hilang

Pada Sabtu (2/1/2021) malam, sekitar pukul 21.00, antrean sejumlah kendaraan mulai memadati pelataran antrean naik kapal. Terlihat antrean dibagi berdasarkan jenis seperti, motor, mobil roda empat, bus hingga dan truk.

Baca Juga:
Menhub Gelar Rakor Peningkatan Konektivitas Transportasi di Aceh

Tak lama berselang, kapal ekspres feri roll-on roll-off (roro) KMP Batumandi Panjang dari Pelabuhan Merak tiba, langsung menurunkan muatan. Satu-persatu kendaraan ke luar dari kapal.

Saat barisan akan memasuki kapal, petugas pelabuhan langsung mengarahkan kendaraan satu-persatu dengan menunjukan tiket terlebih dahulu, untuk masuk ke dalam kapal.

Orang-orang yang masuk ke kapal harus turun dari kendaraannya. Mereka langsung memilih tempat untuk menanti tibanya kapal ke Pelabuhan Merak.

Berbeda dengan kapal regular, harga tiket kapal ekpres lebih mahal Rp100 ribu. Penumpang dapat menikmati semua fasilitas di dalam kapal secara gratis, seperti kursi VIP, atau kasur tempat tidur penumpang.

Sejumlah penumpang mengaku merasa nyaman dengan menggunakan kapal ekspres tersebut.

"Kemari kami berangkatnya (dari Merak) naik kapal regular. Sekarang yang ini nyaman, walupun ramai ya, kita harus waspada," kata Rubianur.

Waktu tempuh nyeberang  juga dirasa lebih cepat dari pada kapal regular.

Saat masa libur awal tahun pengguna jasa penyeberangan di pelabuhan tersebut padat oleh arus balik liburan Natal dan Tahun Baru. Sebelumnya, diprediksi ada ribuan kendaraan yang akan menyeberang ke Pulau Jawa hari ini, Ahad (3/1/2021). (fahmi)