Penerbangan Perdana Angkutan Perintis dari Bandara Minangkabau ke Beberapa Wilayah Dimulai

  • Oleh : Naomy

Senin, 04/Janu/2021 19:35 WIB
Penerbangan perintis dari Bandara Minangkabau (ist) Penerbangan perintis dari Bandara Minangkabau (ist)


PADANG (BeritaTrans.com) - Penerbangan perdana angkutan perintis tahun 2021 dari Bandara Internasional Minangkabau, Padang ke beberapa wilayah dimulai.

Pesawat Cessna C208B Caravan milik Susi Air pagi ini (4/1/2021) tinggal landas meninggalkan Bandara Internasional kelolaan PT Angkasa Pura II itu menuju Tello.

Baca Juga:
Bercanda Bawa Bom, Penumpang Pesawat Ditangkap di Bandara Minangkabau

Pesawat berkapasitas 12 orang itu akan menjalani rute panjang dari Padang-Tello-Gunung Sitoli-Simeulue-Gunung Sitoli- Tello-Sibolga-Tello dan kembali ke Padang. 

Berdasarkan jadwal perjalanan itu berangkat pukul 07.30 WIB dan kembali mendarat di Padang pukul 16.40. Praktis lama penerbangan sekitar sembilan jam.

Baca Juga:
Cerita Penumpang Lion Air Saat Pesawat Padang-Batam Putar Balik: Suasana Mencekam dan Kantong Udara Keluar

"Rute ini merupakan jalur angkutan perintis untuk tahun anggaran 2021. Hari ini merupakan penerbangan perdana," ujar Kepala Bandara Binaka Gunung Sitoli Darinto.

Angkutan perintis yang bermula dari Padang ini berada dalam koordinasi Bandara Binaka Gunung Sitoli. 

Baca Juga:
Penerbangan Lion Air Rute Padang-Batam Alami Masalah, Ini Penjelasan dan Penanganan Maskapai

Dari Padang, pesawat mengangkut sejumlah penumpang yang di antara mereka ingin mengunjungi Pulau Tello yang dikenal memiliki sejumlah destinasi wisata eksotis. 

Mendarat di Bandara Lasondre Tello tepat pukul 08.45 WIB. Selanjutnya 10 menit kemudian terbang ke Bandara Binaka di Gunung Sitoli dan tiba pukul 09.35.

"Bandara ini merupakan gerbang wisata ke kawasan Nias," ungkapnya. 

Lumayan lama berhenti di Bandara Binaka. para penumpang berkesempatan turun dari pesawat untuk menikmati keindahan sekitar bandara. 

Sekira pukul 10.19 pesawat kembali terbang menuju Bandara Lasikin di Simeulue yang sudah masuk wilayah Aceh dan tiba pukul 11.05. 

Bandara ini memiliki runway 1.710 m x 30 m sehingga lumayan nyaman untuk mendarat jenis Cessna.

Kemudian 11.33 terbang ke Bandara Binaka lagi. Tiba pukul 12.23 dan 12.45 terbang lagi ke Tello. Sampai di Tello pukul 13.22 WIB. 

Dari sini pesawat akan menuju Sibolga. Berangkat pukul 13.40 dan tiba di Sibolga 14.23. 

Dari Sibolga kembali ke Tello, dan dari Tello langsung ke Padang. Sekitar pukul 17.00 WIB mendarat di BIM.

"Perjalanan panjang itu selalu mengacu kepada protokol kesehatan. Di Bandara Internasional Minangkabau, misalkan, juga tersedia fasilitas rapid test antigen," ungkap dia. 

Penyediaan rapid test antigen ini untuk mendukung penerbangan sehat sebagaimana dilakukan sejumlah bandara di wilayah PT Angkasa Pura II.

Selain rapid test, di Bandara Internasional Minangkabau selama ini juga menyediakan tes PCR yang diberikan secara gratis kepada para penumpang yang datang.  (omy)