Mengawinkan Wisata dan Olahraga, Nantikan Kegiatannya Sebentar Lagi

  • Oleh : Naomy

Rabu, 06/Janu/2021 08:49 WIB
Menparekraf dan Menteri Pemuda dan Olahraga bincang Wisata Olahraga Menparekraf dan Menteri Pemuda dan Olahraga bincang Wisata Olahraga

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Upaya pemerintah menggairahkan wisata terus digalakkan. Terbaru Kementerian 
Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Kementerian Pemuda dan Olahraga akan mengawinkan Wisata dan Olahraga untuk dijadikan kegiatan yang menggembirakan.

Menteri Parekraf/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, bertemu dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali membahas rencana pengembangan wisata olahraga di Indonesia ke depan. 

Baca Juga:
Jelang WWF, Menparekraf Bersama Stakeholder Pariwisata Bali Bahas Isu Pariwisata Terkini

Mereka secara khusus membahaa isu-isu yang dapat dilakukan bersama guna mewujudkan penyelenggaraan kegiatan atau wisata olahraga dalam waktu dekat dengan memerhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat. 

"Saya ingin gerak cepat merealisasikan beberapa isu-isu quick win yang bisa kita lakukan dalam lingkup sport tourism, beberapa agenda yang tentunya berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," ujar Menparekraf Sandiaga usai pertemuan dengan Menpora di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Selasa (5/1/2021)  

Baca Juga:
Menparekraf Respon Kasus Video WNA Pelaku Ritual Menyimpang di Ubud

Sandiaga mengatakan, potensi wisata olahraga di Indonesia sangat besar sehingga dapat menciptakan peluang lapangan kerja. 

Bahkan di tengah pandemi, dengan pendekatan inovasi, banyak kegiatan sport tourism yang tetap bisa dilaksanakan meski secara hybrid. Inilah yang akan coba akan dikembangkan Kemenparekraf untuk fokus pada event sport tourism pada tiga bulan ke depan. 

Baca Juga:
Menparekraf Bahas Potensi Investasi Indonesia-UEA dengan Nirvana Travel & Tourism

"Saya minta kepada Bu Deputi (Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan Kemenparekraf) untuk fokus pada event-event yang bisa dikerjakan dalam tiga bulan ke depan. Langsung dibuat satu kerangka tentang kerja sama, izin, dan lainnya. Kerja sama dan koordinasi dengan Pak Menpora, sehingga kita bisa langsung implementasikan," kata dia. 

Adapun kegiatan yang akan coba difokuskan adalah golf yang akan diselenggarakan di Jakarta, Bali, Yogyakarta, dan Kepri. Selain itu triathlon di Danau Toba dan Labuan Bajo, juga berbagai cabang olahraga lainnya. 

"Ekosistem pariwisata berbasis olahraga ini banyak sekali yang berkaitan dengan wellness atau kesehatan kita. Di tengah pandemi ini kita akan dorong konsep pariwisata berkualitas, bukan hanya prestasi tapi juga rekreasi. Ini akan kita dorong ke depan dan beberapa daerah lainnya," kata Sandiaga. 

Penyelenggaraannya pun, kata sia, juga akan mendorong sektor ekonomi kreatif. Seperti medali atau baju yang digunakan nantinya sepenuhnya menggunakan produk lokal. 

"Kalau bisa semuanya bangga buatan Indonesia sehingga menjadi bangga berwisata di Indonesia," katanya.

Menteri Pemuda dan Olahraga, Zainudin Amali, mengatakan, dalam nota kesepahaman yang dilakukan sebelumnya ada tiga tema yang akan dikembangkan yakni Sport Science, Sport Tourism, dan Sport Industry. 

Kerja sama dengan Kemenparekraf diharapkan akan mendukung pengembangan ekosistem terhadap tiga tema tersebut. 

"Presiden telah memberikan arahan bahwa olahraga ini harus didorong untuk kita mencetak prestasi yang baik, di samping itu juga kita harus bisa mendorong wisata olahraga," kata Menpora Zainudin. (omy)