Evakuasi KM Bili Terbalik di Pelabuhan Perigi Piyai, Puluhan Mobil Dikeluarkan dari Lambung Kapal

  • Oleh : Redaksi

Senin, 08/Mar/2021 19:59 WIB
Puluhan kendaraan dikeluarkan dari lambung KM Bili yang kandas di Pelabuhan Perigi Piyai, Sambas, Kalbar, Minggu (7/3/2021). (Foto: iNews/Uun Yuniar) Puluhan kendaraan dikeluarkan dari lambung KM Bili yang kandas di Pelabuhan Perigi Piyai, Sambas, Kalbar, Minggu (7/3/2021). (Foto: iNews/Uun Yuniar)

SAMBAS (BeritaTrans.com) - Setelah dua pekan kandas, evakuasi KM Bili yang terbalik di Pelabuhan Perigi Piyai, Kecamatan Tekarang, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, mulai dilakukan pada Minggu (7/3/2021). Puluhan kendaraan dikeluarkan dari lambung kapal.

Evakuasi dilakukan oleh Tim PT 3G Diving Jakarta. Hingga sore hari, baru sepuluh motor dan delapan kendaraan roda empat jenis mobil dan truk yang diangkat dari lambung kapal penyeberangan tersebut.

Baca Juga:
Kapal Pesiar Ocean Explorer Angkut 206 Penumpang Serta Kru Kandas di Greenland

Satu persatu motor dan mobil itu diangkat dengan alat berat yang berada di tepi dermaga. Kondisi kendaraan dalam keadaan rusak berat.

"Dari total 13 kendaraan kita usahakan semuanya," kata koordinator tim evakuasi Abdul Alik di lokasi.

Baca Juga:
KM Ajul Safikram Kandas Perairan di Ternate, Penumpang Dievakuasi

 

Puluhan kendaraan dikeluarkan dari lambung KM Bili yang kandas di Pelabuhan Perigi Piyai, Sambas, Kalbar, Minggu (7/3/2021). (Foto: iNews/Uun Yuniar)

Baca Juga:
Kapal Kontainer Asal Singapura Kandas di Perairan Belakang Padang, Batam, 24 Kru Selamat

Puluhan kendaraan dikeluarkan dari lambung KM Bili yang kandas di Pelabuhan Perigi Piyai, Sambas, Kalbar, Minggu (7/3/2021). (Foto: iNews/Uun Yuniar)

Menurutnya setelah semua kendaraan dikeluarkan dari lambung kapal, selanjutnya tim akan melakukan evakuasi kapal. Sebuah kapal khusus akan dikerahkan untuk menarik kapal.

"Untuk (evakuasi) kapal akan menggunakan kapal khusus," katanya.

KM Bili kandas di pada 20 Februari 2021 saat akan menurunkan penumpang. Kapal tiba-tiba terbalik dan kandas diduga karena mengalami kebocoran. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Puluhan penumpang dan belasan kru kapal selamat.

(lia/sumber:inews.id)