Usaha Ternak Bebek Kandas, Pengemudi Bus Handoyo: Cuma Bertahan 6 Bulan

  • Oleh : Bondan

Selasa, 30/Mar/2021 13:19 WIB
Edi, pengemudi bus social distancing milik Handoyo seat 1-1-1. Foto: BeritaTrans.com. Edi, pengemudi bus social distancing milik Handoyo seat 1-1-1. Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Edi, pria asal Magelang, Jawa Tengah, sudah 15 tahun melakoni pekerjaan ini. Berbagai macam perusahaan otobus (PO) sudah dirasakannya bekerja sebagai pengemudi.

“Sebelum di Handoyo. Pernah di Sinar Jaya. Di Handoyo kita jalan lintas Sumatera, ke Pekanbaru. Terus 5 tahun baru pindah trayek ke Jogja - Jakarta, sampai sekarang,” ungkap Edi, kepada BeritaTrans.com di pool Handoyo, Bulak Kapal, Bekasi, Selasa (30/3/2021).

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

Saat ini dia tengah menjalankan bus berkonsep social distancing. Yakni menggunakan kursi 1-1-1. Namun, dengan kondisi bus yang sudah menerapkan social distancing, tak pernah lupa dirinya selalu mengingatkan penggunaan masker ke penumpang yang menaiki busnya.

"Baru enam bulan saya bawa bus seat social distancing ini,” tuturnya.

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Sementara itu dengan kesibukannya bekerja sebagai seorang pengemudi sedaridulu. Edi, juga mempunyai usaha ternak yang dikelola oleh sang istri langsung di rumahnya.

“Alhamdulillah, dulu selama jadi sopir di rumah ada sampingan ternak saya mas. Ternak bebek di rumah, ada sekitar 200 ekor. Yang kelola istri sama anak yang paling besar. Kalau saya lagi libur narik, seharian saya ngurus bebeknya,” katanya.

Baca Juga:
Sopir Jaklingko dan Pengurus Bus AKAP Cekcok di Terminal Lebak Bulus, Begini Kronologinya

Namun, usaha ternak bebek tersebut kandas dengan adanya Covid-19. Yang hanya menyisakan beberapa ekor saja saat ini.

“Tapi mas, ternak bebek saya tinggal berapa ekor doang sekarang dari 200 ekor. Semenjak Covid-19 ancur semuanya. Gara-gara buat pangan bebeknya mahal. Bertahan cuma enam bulan doang mas. Tapi kedepannya tetap mau usaha ternak lagi, kalau modalnya sudah ada lagi. Tapi belum tau mau ternak apa nantinya,” tutup Edi, sambil bersiap-siap melanjutkan perjalanan.

Bus Suite Class Handoyo. Foto: BeritaTrans.com.

Soal tarif bus social distancing dengan trayek Jogja - Jakarta - Bekasi dibanderol dengan harga berkisar Rp225 ribu. Dengan fasilitas mendapatkan satu kali service makan. (dan)