Inilah 5 Kapal Selam Termahal di Dunia

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 29/Apr/2021 05:51 WIB
Foto:ilustrasi/istimewa/afp/cnnindonesia.com Foto:ilustrasi/istimewa/afp/cnnindonesia.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kapal selam milik TNI AL, Nanggala-402 dilaporkan tenggelam di lautan Bali dan kini berstatus 'Eternal Patrol'. 

Usai alutsista maritim milik RI dinyatakan tenggelam, warga di Jogokariyan, Yogyakarta menggalang dana untuk membeli kapal selam pengganti kapal tua pabrikan Howaldtswerke-Deutsche Werft di Kiel Jerman itu.

Baca Juga:
Keren, Kapal Selam TNI AL Kini Punya Amunisi Counter Terpedo Baru

Galang dana mulanya hanya lewat aksi para Himpunan Anak-anak Masjid Jogokariyan (Hamas) di sepanjang Pasar Sore Kampoeng Ramadhan Jogokariyan.

Donatur berbondong-bondong menyumbang lewat donasi Hamas, hingga menghasilkan donasi senilai Rp365 juta lebih. Donatur makin meluas usai Ustaz Abdul Somad turut menyerukan gerakan patungan dengan seluruh rakyat Indonesia untuk membeli kapal selam baru.

Baca Juga:
Kapal Selam Scorpene: Spesifikasi, Harga dan Keunggulannya yang Mampu Bawa Torpedo Black Shark

Setiap negara memiliki berbagai tipe kapal selam untuk memperkuat sektor maritim. Berikut daftar 5 kapal selam termahal yang dikutip dari berbagai sumber:

 

Baca Juga:
Pak Prabowo, Indonesia Masih Butuh Kapal Selam Lagi di 4 Titik Panas

1. Kelas Triomphant

Kapal selam kelas Triomphant merupakan kapal selam termahal dan terbesar nomor satu yang digunakan Angkatan Laut Perancis saat ini. Disebut sebagai The Terrible, kapal selam ini menelan biaya pembangunan US$4 miliar atau senilai Rp57 triliun pada tahun 2000.

Apabila ditambahkan dengan inflasi, saat ini biaya pembangunan dikalkulasi mencapai US$5 miliar atau sekitar Rp72 triliun. Kapal ini tidak memiliki kecepatan tinggi seperti kapal lain. Namun kapal ini diklasifikasikan sebagai kapal selam rudal balistik nuklir.

The Terrible adalah kapal selam nuklir yang merupakan bagian dari seri 4. The Terrible dapat menampung total 111 orang dan juga dilengkapi dengan beberapa sonar berteknologi paling tinggi serta sistem senyap.

Kapal ini memiliki kemampuan persenjataan besar, yakni 16 rudal nuklir, 4 tabung torpedo, dan rudal anti kapal, semuanya dapat ditembakkan saat menyelam.

Kapal selam kelas Seawolf dikembangkan dengan tujuan untuk mengembalikan keunggulan teknologi yang dimiliki Angkatan Laut AS kepada Uni Soviet pada 1945, hingga pertengahan 1980, di saat terjadi praktik dagang dan perang dingin di kedua negara adidaya itu.

Kapal ini digunakan untuk mencari dan menghancurkan kapal selam rudal balistik milik Soviet, seperti kelas Typhoon dan kapal selam perang kelas Akula.

 

2. Kelas Seawolf

Seawolf masuk dalam jajaran kapal paling canggih dan juga sebagai kapal selam pemburu-pembunuh mahal di dunia. Selain itu, Seawolf dicap sebagai kapal paling tenang di dunia, meski dalam kecepatan tinggi.

Kapal ini diklasifikasikan sebagai kapal selam serang nuklir yang ditenagai oleh reaktor nuklir. Kapal ini dapat melaju 65 kilometer per jam dan memiliki 8 tabung torpedo yang dapat meluncurkan total 50 torpedo dan rudal nuklir.

Kapal besutan AS ini dapat menampung total 140 anggota awak dan menghabiskan dana sekitar US$3,5 miliar atau senilai Rp50,7 triliun.

 

3.Kelas Virginia

Kapal kelas Virginia sebenarnya dibangun sebagai alternatif lebih murah di kelas Seawolf yang merupakan buah dari prestasi orang Amerika Serikat. Virginia juga memiliki model teman sebaya, yakni kelas Texas, Kelas The Hawaii dan kelas The North Carolina. Hampir semua kelas dinamai sesuai negara bagian.

Virginia didukung oleh reaktor nuklir S9G yang menyediakan listrik dan tenaga penggerak 40.000 HP yang dapat melaju hingga 60 km per jam. Ini merupakan kecepatan yang dinilai baik, dengan bobot 8.000 ton.

Kapal seharga Rp49,3 Triliun ini dapat menampung hingga 135 anggota awak, dan masuk menjadi jajaran kapal selam AS yang bersenjata nuklir.

Virginia memiliki 12 tabung sistem peluncuran vertikal untuk rudal Tomahawk yang dapat dilengkapi dengan hulu ledak nuklir dan 4 tabung torpedo. Ia juga dapat menampung 27 rudal dan torpedo.

 

4. Kelas Ohio

Kapal selam kelas Ohio merupakan kapal selam rudal balistik yang memiliki bobot lebih dari 18.000 ton. Kapal ini membutuhkan banyak energi untuk bergerak. Itu sebabnya Ohio memiliki reaktor nuklir air bertekanan S8G, 2 turbin diesel yang mengeluarkan tenaga 60.000HP.

Selain itu, dilengkapi juga sistem baling-baling yang dapat membantu mendorong kapal di dasar air. Meski memiliki sederet penggerak, kapal ini hanya bisa mencapai kecepatan tertinggi 46 kilometer perjam.

Pada awalnya kapal seharga Rp43,7 Triliun ini dirancang untuk membawa rudal balistik, namun pada tahun 2002 Angkatan Laut AS mengubah 4 kapal selam Ohio menjadi kapal induk rudal, SSGN.

Kapal ini mampu menampung 155 anggota awak dan mampu menampung 24 rudal Trident yang masing-masing memiliki jangkauan 7.000 kilometer dengan 8 hulu ledak nuklir.

 

5. Kelas Borei

Kapal selam kelas Borei merupakan kapal militer termahal di dunia. Kapal yang dibangun oleh Rusia ini dikenal sebagai The Dolgorukiy yang merupakan bagian dari kapal kelas Borei.

Di kelas Borei terdiri dari 3 kapal. Kapal selam ini merupakan kapal rudal balistik yang dibangung pada tahun 1996 yang menghabiskan dana sebanyak US$1,2 miliar atau senilai Rp17 triliun.

Monster Rusia ini memiliki berat 24.000 ton sehingga menjadikannya kapal selam terberat dalam sejarah. Untuk mendorong semua beban ini, ia memiliki reaktor nuklir masif, turbin uap, serta poros dan baling-baling.

Meski memiliki bobot yang terbilang berat, ia masih bisa melaju hingga 56 kilometer per jam di dasar laut. Borei dapat menampung 20 rudal balistik antarbenua dengan 10 hulu ledak nuklir. Tidak hanya itu, Dolgorukiy juga memiliki 6 tabung torpedo dan rudal jelajah.

Itulah 5 kapal selam termahal yang memiliki sederet teknologi dan persenjataan, untuk menjaga teritorial maritim di setiap negara.(amt/sumber:cnnindonesia.com) 

Tags :