Lokasi Wisata Parapat Danau Toba Diterjang Banjir dan Longsor, Lalin Putus

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 13/Mei/2021 23:05 WIB
Banjir dan longsor terjang Wisata Parapat Danau Toba. (Foto: Dharma Setiawan) Banjir dan longsor terjang Wisata Parapat Danau Toba. (Foto: Dharma Setiawan)

SIMALUNGUN (BeritaTrans.com) - Bencana banjir dan longsor terjadi di hari pertama libur lebaran, di kawasan wisata Danau Toba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Kamis (13/5/2021).  

Pusat Kota Parapat yang jadi kawasan wisata Danau Toba tergenang banjir material longsor berupa batu dan lumpur. Akibatnya, arus lalu lintas lumpuh. 

Baca Juga:
Longsor di Jalan Tol Bocimi Sebabkan 2 Orang Luka

Lokasi banjir di Jalan Lintas Sumatera di Desa Sualan, Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Lalu lintas lumpuh di sepanjang jalan kawasan wisata pintu masuk ke Danau Toba. 

Material longsor dengan kandungan material bebatuan, lumpur serta bongkol kayu menumpuk di badan jalan.  

Baca Juga:
Longsor di Jalan Tol Bocimi GT Parungkuda, Mobil Terperosok

Dalam video rekaman warga, terlihat derasnya air yang mengakibatkan banjir dan longsor berasal dari perbukitan di sekitar Danau Toba.  

Kasat Lantas Polres Simalungun AKP Hendrik Aritonang mengatakan, longsor terjadi pukul 17.00 WIB. Satu jam setelahnya, anggotanya telah dikerahkan membersihkan material banjir. 

Baca Juga:
Waduh! Jalan Tol Bocimi KM64 Arah Sukabumi Longsorr

"Kami sudah bekerja sama dengan pihak terkait," ucap Hendrik, Kamis (13/5/2021). 

Dia mengimbau agar pengguna jalan dari Siantar menuju ke Parapat menggunakan jalur di Simpang Palang. Jalan tidak bisa dilewati karena tertutup material longsor. 

"Untuk warga yang akan melintas dari Siantar menuju ke Parapat kami alihkan dari Simpang Palang, kemudian dari Parapat menuju Siantar masih bisa dilalui oleh satu kendaraan," ucapnya.(fh/sumber:okezonecom)