Tol Trans Sumatera Padang-Pekanbaru Selesai Akhir 2021, Perjalanan Jadi 4 Jam

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 20/Mei/2021 06:07 WIB
Tol trans Sumatera. (Istimewa) Tol trans Sumatera. (Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pembangunan jalan Tol Pekanbaru - Bangkinang diharapkan selesai pada akhir tahun 2021 ini. Bagian dari sirip Tol Trans Sumatera ruas Padang-Pekanbaru akan memperlancar konektivitas antara wilayah Pekanbaru, Kepulauan Riau dengan Sumatera Barat. 

"Dengan terbukanya banyak ruas jalan tol ini, kita harapkan mobilitas barang dan orang dipercepat, sehingga kita memiliki daya saing yang tinggi terhadap negara-negara lain," kata Presiden Joko Widodo dalam keterangan resmi, Rabu (19/5/2021). 

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Bakal Rampung Awal 2025

Hadir dalam peninjauan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Riau Syamsuar, dan Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto. 

Presiden menjelaskan kehadiran jalan tol dari Pekanbaru hingga Padang ini akan menghubungkan kawasan produktif, sehingga mengurangi biaya logistik dan meningkatkan daya saing produk dalam negeri. 

Baca Juga:
Jalan Tol PSN Ruas Pekanbaru-Rengat Sepanjang 206 KM Sudah Mulai Konstruksi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, mengatakan pembangunan jalan di daerah ini diharapkan dapat memangkas waktu perjalanan hingga dapat mengurangi biaya perjalanan barang kebutuhan masyarakat. Dari hitunganya diharapkan waktu tempuh Pekanbaru - Padang bisa hanya 4 jam dari semula 8 - 9 jam. 

Pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Padang sepanjang 254,8 km terbagi menjadi enam seksi, yaitu Seksi 1 Padang - Sicincin sepanjang 36,15 km, Seksi 2 Sicincin - Bukittinggi 38 km, Seksi 3 Bukittinggi - Payakumbuh 34 km, Seksi 4 Payakumbuh - Pangkalan 58 km, Seksi 5 Pangkalan - Bangkinang 56 km, dan Seksi 6 Bangkinang - Pekanbaru 40 km. 

Baca Juga:
Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Mulai Pembangunan Tahun Ini

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan pembangunan Tol Pekanbaru - Bangkinang diharapkan selesai seluruhnya pada akhir tahun 2021. Menurut Danang, saat ini dari sisi Pekanbaru, progres fisik mencapai 65,60% dan Seksi Bangkinang - Pangkalan Tahap I sepanjang 24,7 km mencapai 40,15%. 

Selain itu juga dari sisi Sumatera Barat juga sudah dimulai pembangunan ruas Padang - Sicincin. 

Danang menjelaskan pembangunan Jalan Tol Pekanbaru - Padang dilaksanakan oleh PT Hutama Karya dengan nilai investasi Rp 78 triliun melalui Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol yang ditandatangani pada tanggal 11 Oktober 2017. 

Tol Pekanbaru - Padang merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 3.049 km yang terdiri dari koridor utama (backbone) sepanjang 2.105 km dan koridor pendukung (sirip) sepanjang 944 km.(fh/sumber:CNBC)