Menteri PUPR Targetkan Tol Cijago Seksi 3 Kelar Tahun 2022

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 29/Mei/2021 06:15 WIB
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Ist) Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. (Ist)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan konstruksi Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) Seksi 3 rampung pada tahun 2022. Seksi ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2.

"Sekarang ini kami akan rencanakan pembangunan Jalan Tol Cinere-Jagorawi seksi 3 sepanjang 5,44 kilometer yang rencananya selesai pada tahun depan," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam peletakan batu pertama pembangunan Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3 Kukusan-Limo di Kukusan, Depok, Jumat (27/5/2021), seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga:
Tol Bayung Lencir-Tempino-Jambi Bakal Rampung Awal 2025

Peletakan batu pertama menandai pekerjaan konstruksi Tol Cinere - Jagorawi Seksi 3 akan segera dimulai. 

Sebelumnya, Seksi 1 dan 2 Tol Cinere-Jagorawi sudah diresmikan masing-masing pada 2012 dan 2019 dengan panjang hanya 14 kilometer.

Baca Juga:
Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi Mulai Pembangunan Tahun Ini

Basuki mengungkapkan tantangan pembangunan jalan tol di wilayah perkotaan jauh lebih banyak dan besar sehingga pengerjaannya memakan waktu.

"Bukan berarti kami ini lambat mengerjakan," kata Basuki.

Baca Juga:
Antisipasi Kepadatan Saat Libur Lebaran, Bakal Diterapkan Pengaturan Lalu Lintas

Menurut Basuki, apabila pembebasan tanah sudah rampung, pembangunan infrastrukturnya bisa jauh lebih cepat.

Selanjutnya, Basuki juga mengapresiasi langkah PT Trans Lingkar Kita Jaya yang mengerjakan konstruksi di tengah pandemi sehingga berarti membuka lapangan kerja.

Sebagai informasi, pembangunan Jalan Tol Cinere - Jagorawi diharapkan dapat memaksimalkan pemanfaatan JORR II. Proyeknya terbagi dalam 3 seksi yaitu yaitu Jagorawi - Raya Bogor (Seksi 1), Raya Bogor - Kukusan (Seksi 2), dan Limo - Kukusan (Seksi 3).(fh/sumber:CNN)