Setelah Dihitung-hitung, Fix! Pensiun PNS Bisa Dapat Rp1 Miliar

  • Oleh : Redaksi

Minggu, 04/Jul/2021 08:32 WIB
Foto:istimewa/karawang bekasi express.com Foto:istimewa/karawang bekasi express.com

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Pemerintah tinggal selangkah lagi menyelesaikan reformasi mengenai tunjangan pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS). Melalui skema fully funded, estimasinya PNS bisa mendapatkan Rp 1 miliar di akhir masa kerja.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo mengatakan melalui aturan ini pensiunan PNS bisa kantongi Rp 1 miliar.

Baca Juga:
Tok, Presiden Jokowi Tetapkan Cuti Bersama PNS 2023: 8 Hari

"Terkait pemberian jaminan pensiun, pemerintah akan melakukan reformasi sistem pensiun berdasarkan iuran pasti," kata Tjahjo beberapa waktu lalu.

Akan tetapi skema ini belum bisa terealisasi akibat pandemi Covid-19 yang melanda sejak tahun lalu. Pemerintah fokus melakukan refocusing anggaran untuk kesehatan dan bantuan sosial (bansos).

Baca Juga:
Cek Rekening, Gaji ke-13 Sudah Cair Rp19 T ke 5,2 Juta PNS

"Sebenarnya ada pada awal Januari 2020 sudah ada inisiatif mengadakan rapat di Kemenkeu, yang undang Pak Mendagri dan kami juga untuk bahas detail. Tapi karena ada pandemi Covid-19 sehingga konsentrasi anggaran untuk infrastruktur kesehatan dan bansos, sehingga ini belum sempat dibahas tuntas," ungkapnya.

Dia mengatakan skema pensiunan ini menjadi salah satu langkah untuk memberikan uang pensiunan yang lebih besar kepada PNS saat habis masa kerjanya dan juga akan mengurangi beban APBN.

Baca Juga:
Kantor Kas Negara Lembur, Gaji ke-13 PNS Cair Lebih Cepat

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini APBN harus mengeluarkan anggaran sekitar Rp 120 triliun setiap tahunnya untuk pembayaran pensiunan. Pembayaran pensiunan ini setidaknya diberikan kepada Pensiunan PNS, TNI, Polri yang jumlahnya sekitar ke 3,1 juta orang.

Tjahyo pernah berbicara pada saat penandatanganan komitmen pembangunan mal pelayanan publik, seperti dikutip CNBC Indonesia, dia awalnya mengaku berbicara dengan PT Taspen (Persero) apakah mungkin pensiunan PNS mendapatkan tunjangan hingga Rp 1 miliar.

"Kami dengan Taspen juga sudah diskusi bagaimana pensiunan ASN itu nanti dapat tunjangan Taspennya bisa enggak mencapai Rp 1 M [miliar]," kata Tjahyo.

Berdasarkan perbincangan tersebut, Tjahyo mengatakan kemungkinan bagi pensiunan PNS mendapatkan tunjangan pensiun hingga Rp 1 miliar terbuka cukup lebar. "[Setelah] diitung-itung bisa," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria mengatakan pembahasan skema pensiun fully funded masih bergulir pembahasanya di Kementerian Keuangan. Akan tetapi bakal segera dirampungkan dalam waktu dekat. (amt/sumber:cnbcindonesia com)

Tags :