Selama PPKM Darurat, Penumpang Bus Rosalia Indah Wajib Lengkapi Surat Perjalanan

  • Oleh : Bondan

Senin, 05/Jul/2021 16:12 WIB
Bus Rosalia Indah di pool Pondok Ungu, Bekasi Barat, Senin (5/7/2021). Foto: BeritaTrans.com. Bus Rosalia Indah di pool Pondok Ungu, Bekasi Barat, Senin (5/7/2021). Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat wilayah Jawa-Bali, sebagian perusahaan bus antarkota antarpropinsi (AKAP) mewajibkan seluruh calon penumpang untuk melengkapi dokumen persyaratan perjalanan.

Seperti salah satu pool bus AKAP yang BeritaTrans.com datangi yakni perusahaan bus Rosalia Indah. Kantor perwakilan atau pool yang berada di wilayah Pondok Ungu, Bekasi Barat ini mewajibkan seluruh penumpang yang menggunakan jasa antarnya mempunyai dokumen persyaratan perjalanan yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

"Penumpang wajib punya dua dokumen persyaratan sebelum melakulan perjalanan selama masa PPKM darurat. Penumpang datang kesini untuk pembelian tiket, pasti kita tanya dulu. Sudah punya surat-surat atau belum. Kalau belum kita instruksikan dulu harus punya suratnya terlebih dahulu. Kita nggak mau ambil resiko," ungkap Toni salah satu pengurus pool bus Rosalia Indah, Pondok Ungu, Bekasi Barat kepada BeritaTrans.com, Senin (5/7/2021).

Penumpang bus Rosalia Indah di pool Pondok Ungu, Bekasi Barat. Foto: BeritaTrans.com.

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Lanjutnya, banyak calon penumpang saat pertama kali melakukan pembelian tiket. Menanyakan perihal tentang syarat apa saja selama PPKM darurat ini.

"Banyak juga penumpang yang mau beli tanya-tanya dulu syarat apa saja yang harus dibawa ke saya. Saya jelaskan, akhirnya banyak penumpang yang nggak jadi beli tiket. Untuk keberangkatan sekarang ada 10 orang dan sudah melengkapi dokumen persyaratan perjalanan," lanjutnya.

Baca Juga:
Bus Rombongan Sekolah di Sidoarjo Kecelakaan di Tol Ngawi, Satu Guru Meninggal

Lalu, dokumen persyaratan apa saja yang harus dibawa setiap penumpang bus AKAP Rosalia Indah?. Berikut Persyaratannya:

  1. Penumpang wajib menunjukkan kartu vaksin pertama
  2. Surat keterangan hasil negatif Covid-19 melalui rapid tes antigen dan berlaku juga untuk anak dibawah 18 tahun.

Bagi penumpang yang tidak/belum melakukan vaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan:

  1. Surat keterangan dari Dokter
  2. Surat keterangan hasil negatif Covid-19, melalui rapid tes antigen

Sedangkan, untuk penumpang dengan tujuan wilayah Sumatera wajib mengisi e-HAC Indonesia (Electronic Health Alert Card) sebagai syarat melakukan penyeberangan.

Persyaratan wajib bagi penumpang bus Rosalia Indah. Foto: BeritaTrans.com.

(Dan)