Persyaratan Tak Lengkap, Penumpang Bingung Mau Naik Bus dari Terminal Bekasi

  • Oleh : Fahmi

Senin, 19/Jul/2021 15:20 WIB
Suasana Terminal Bekasi, Senin (19/7/2021) Suasana Terminal Bekasi, Senin (19/7/2021)

BEKASI (BeritaTrans.com) - Calon penumpang bus tanpa kelengkapan perjalanan saat PPKM Darurat,  kebingungan hendak naik bus dari Terminal Bekasi, Senin (19/7/2021). 

Saat ini persyaratan bagi penumpang bus harus memiliki sertifikat vaksin minimal tahap satu dan hasil pemeriksaan Covid-19 minimal swab antigen yang berlaku 1x24 jam. 

Baca Juga:
Hari Kedua Ramp Check Jelang Angleb, Dishub Kota Bekasi Temukan 4 Bus Tak Laik Jalan di Terminal

Terminal Kota Bekasi tetap ramai didatangi calon penumpang. Tak sedikit di antaranya hendak mudik ke kampung halaman untuk rayakan Idul Adha bersama keluarga. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id di terminal tersebut, calon penumpang tanpa dokumen perjalanan tersebut banyak yang berjalan ke sana ke mari mencari armada yang bisa melayani tanpa surat kelengkapan. Mereka tampak berusaha ingin naik bus tanpa kelengkapan yang ada. 

Baca Juga:
Mari Membenahi Terminal Sekaligus Angkutan Umum

Persyaratan tersebut juga belum diketahui oleh sebagian masyarakat. Banyak calon penumpang bus bertanya-tanya kepada petugas tiket dan akhirnya tidak diizinkan naik bus. 

Hal tersebut karena pihak bus juga tidak mau jika ada pemeriksaan di jalan busnya akan diputarbalik lantaran kurangnya persyaratan penumpang yang diangkutnya. 

Baca Juga:
Bus Rombongan Sekolah di Sidoarjo Kecelakaan di Tol Ngawi, Satu Guru Meninggal

"Kita wajib minimal ya ada surat vaksin, kalau enggak repot nanti di jalan kalau ada pemeriksaan," kata petugas bus di terminal tersebut. 

Terlebih saat menjelang Idul Adha banyak pengguna moda transportasi ini ingin pulang ke kampung halaman untuk dapat libur dan merayakan kebersamaan bersama keluarga. 

Diberlakukannya surat jalan dan kelengkapan lain membuat jumlah penumpang bus saat ini sepi. Keberangkatan bus dalam provinsi (AKDP) dan  antarprovinsi (AKAP) juga merasakan hal yang sama. 

Terlihat beberapa bus meninggalkan terminal dengan kondisi kosong penumpang, juga terlihat beberapa bus hanya ada membawa beberapa orang penumpang saja. 

Dengan persyaratan yang telah ditetapkan seperti membawa surat vaksin dan surat hasil rapid tes antigen ataupun swab PCR membuat sebagian masyarakat tidak dapat menggunakan bus saat ini.(fahmi)