Naik KRL Bekasi Arah JakartaKota Sepi Penumpang

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 29/Jul/2021 09:33 WIB
Suasana rangkaian dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun JakartaKota pada Kamis (29/7/2021). Suasana rangkaian dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun JakartaKota pada Kamis (29/7/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Suasana Stasiun Bekasi tampak lengang oleh penumpang KRL pada Kamis (29/9/2021). Sesekali terjadi antrean pemeriksaan dokumen perjalanan di depan pintu tap tiket, namun antrean cepat melebur. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id sekitar pukul 8.00, tampak rangkaian yang sudah tersedia di jalur dua, calon pengguna KRL tampak berlari tidak ketinggalan rangkaian atau ditutupnya pintu KRL. 

Baca Juga:
Libur Lebaran Usai, KAI Commuter Layani Lebih 954 Ribu Penumpang KRL Tiap Harinya

Antrean pemeriksaan STRP bagi pekerja esensial, kritikal dan keperluan mendesak, terlihat cepat melebur untuk penumpang masuk ke dalam stasiun untuk naik ke KRL yang tersedia. Banyak penumpang yang seakan buru-buru tidak ingin pintu rangkaian tertutup. 

Baca Juga:
KAI Commuter Prediksi 900 Ribu Lebih Penumpang KRL Jabodetabek di Hari Pertama Kerja Usai Libur Lebaran

Aktivitas terlihat banyak pengguna keluar masuk stasiun. 

Petugas mengarahkan penumpang untuk langsung memenuhi gerbong depan yang masih kosong, hal itu guna terjadinya penumpukan pada satu titik. 

Baca Juga:
Stasiun Integrasi KRL dengan KA Lokal, KAJJ, LRT hingga KA Bandara Terjadi Peningkatan Penumpang, KAI Commuter: Memudahkan Perjalanan Mudik Masyarakat

"Silahkan ke depan banyak yang kosong," ujar Petugas. 

Di rangkaian yang tersedia, masih banyak terlihat kursi sudah diduduki beberapa penumpang dan terlihat juga beberapa kursi yang kosong. 

Petugas tetap berjaga mulai dari sebelum pintu tap tiket untuk memeriksa dokumen perjalanan. Dan beberapa petugas sibuk mengamankan peron. 

Stasiun Bekasi masih diberlakukan pemeriksaan STRP bagi penumpang KRL untuk membatasi mobilitas masyarakat di tengah pemberlakuan PPKM untuk meminimalisir penyebaran Covid-19. 

Rangkain yang hanya diberangkatkan dari Stasiun Bekasi akan mengakhiri perjalanan di JakartaKota.

Di setiap stasiun pemberhentian terdapat beberapa orang naik dan beberapa penumpang turun. Tampak banyak yang turun yaitu pada stasiun transit seperti Manggarai. 

Suasana KRL terlihat semakin lengang. Di beberapa stasiun bahkan tidak terlihat penumpang naik. Tidak tampak penumpang berdiri. 

Petugas yang berdiri dan sesekali memantau antargerbong untuk mengamankan perjalanan KRL sesuai protokol kesehatan. 

Saat rangkaian akan tiba atau semakin dekat dengan stasiun akhir yaitu JakartaKota, rangkaian KRL semakin sepi dan banyak kursi di dalam rangkaian yang kosong. 

Pada masa perpanjangan PPKM, jam operasional pelayanan perjalanan KRL Jabodetabek tetap mulai pukul 04:00 - 22:00 WIB. 

Saat ini naik KRL masih diwajibkan bagi penumpang harus memiliki STRP atau dokumen perjalanan yang menerangkan pekerja esensial dan kritikal atau juga surat keterangan untuk penumpang dengan keperluan mendesak. 

KAI Commuter juga mengajak para pengguna yang masih beraktivitas dengan KRL untuk mengikuti seluruh protokol kesehatan yang ketat.(fahmi)