Pesawat Boeing 737 MAX Uji Terbang di China

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 11/Agu/2021 23:13 WIB


BEIJING (BeritaTrans.com) - Sebuah pesawat uji Boeing Co 737 MAX mengudara di China pada hari Rabu. Flightradar24 menunjukkan pesawat uji tersebut lepas landas dari Bandara Internasional Pudong Shanghai pada pukul 09:24 pagi waktu setempat  tanpa tujuan dan terbang ke arah tenggara.

Mengutip Reuters, regulator penerbangan China sebelumnya mengeluarkan tiga persyaratan untuk 737 MAX kembali beroperasi, antara lain perubahan desain bersertifikat, pelatihan pilot yang memadai, dan temuan definitif dari investigasi kecelakaan.

Baca Juga:
CEO Boeing Buka Suara Atas Insiden Kecelakaan Pesawat 737 Max 9

 

Sebelumnya, pesawat tersebut meninggalkan Seattle minggu lalu dan tiba di Shanghai pada 7 Agustus setelah pengisian bahan bakar berhenti di Honolulu dan Guam. Pekan lalu, telah dilaporkan juga  pesawat itu akan melakukan uji terbang pertamanya di China pada 11 Agustus jika semuanya berjalan dengan baik.

Baca Juga:
SpiceJet Setop 90 Pilot Terbangkan Pesawat Boeing 737 MAX hingga Pelatihan Dinilai Memadai

Asal tahu saja, sekitar 30 maskapai penerbangan dan 175 negara telah mengizinkan 737 MAX untuk kembali beroperasi setelah larangan keselamatan hampir dua tahun setelah kecelakaan yang menewaskan hingga 346 orang. Larangan tersebut menjerumuskan Boeing ke dalam krisis keuangan dan diperparah oleh pandemi virus corona.

 

Baca Juga:
China Southern Airlines akan Borong 142 Boeing 737 MAX

Boeing 737 MAX tetap mendarat di China meskipun ketegangan perdagangan antara Washington dan Beijing telah memotong penjualan selama bertahun-tahun. Hanya saja, Kepala Eksekutif Dave Calhoun mengatakan bulan lalu bahwa dia masih mengharapkan 737 MAX untuk mendapat persetujuan sebelum akhir tahun.

 

Sebelum 737 MAX mendarat pada Maret 2019, Boeing telah menjual seperempat dari pesawat yang dibuatnya setiap tahun kepada pembeli China. Selama bertahun-tahun, ketegangan yang membara antara Washington dan Beijing telah menyebabkan ketidakpastian.

(lia/sumber:kontan.co)