Kapal Kargo Terbelah 2 Setelah Kandas di Laut Jepang, Munculkan Tumpahan Minyak

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 13/Agu/2021 06:13 WIB
Kapal kargo berbendera Panama Crimson Polaris terbelah dua setelah kandas di Pelabuhan Hachinohe, Jepang utara, 12 Agustus 2021. (Foto: Penjaga Pantai Jepang via Reuters) Kapal kargo berbendera Panama Crimson Polaris terbelah dua setelah kandas di Pelabuhan Hachinohe, Jepang utara, 12 Agustus 2021. (Foto: Penjaga Pantai Jepang via Reuters)

TOKYO (BeritaTrans.com) - Sebuah kapal kargo yang kandas di pelabuhan di utara Jepang telah pecah terbelah dua pada Kamis (12/8/2021) menyebabkan kebocoran minyak ke laut. Pihak berwenang Jepang kini berusaha keras menahan kebocaran minyak tersebut.

Kapal berbendera Panama Crimson Polaris kandas di Pelabuhan Hachinohe, Prefektur Aomori, Jepang pada Rabu (11/8/2021).

Baca Juga:
Dihantam Badai Akibatkan Kapal Terbelah di Laut China Selatan, 12 Jasad Ditemukan

Awak kapal berhasil membebaskan kapal berbobot 39.910 ton yang mengangkut serpihan kayu itu, tetapi tidak bisa membawanya jauh dari pelabuhan karena kondisinya yang rusak dan keadaan cuaca. Kapten akhirnya membuat keputusan untuk menurunkan jangkar sekira 4 km dari pantai.

Kapal tersebut tetap di sana selama berjam-jam, sementara retakan yang muncul di lambung akibat insiden itu terus bertambah besar. Pada Kamis pagi, kapal kargo itu terbelah dua, menyebabkan sejumlah besar minyak bocor ke Laut Jepang.

Baca Juga:
Dihantam Badai Laut, Kapal Terbelah Dua di Perairan Hong Kong, 27 Awak Hilang

Menurut keterangan penjaga pantai, tumpahan minyak itu memiliki panjang sekira 5,1 km dan lebar 1 km, tetapi tidak ada tanda-tanda akan mencapai pantai. Kapal patroli telah bekerja untuk mengatasi bencana tersebut, tambahnya sebagaimana dilansir RT.

Semua 21 awak kapal, yang dilaporkan adalah warga negara China dan Filipina, telah dievakuasi dengan selamat dari kapal yang rusak dan dibawa ke pantai. (amt/sumber:okezone.com) 

Baca Juga:
Kapal Kargo Terbelah 2 di Laut Jepang, Munculkan Tumpahan Minyak