Ribuan Kendaraan Militer AS di Afganistan Kini Dikuasai Taliban

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 19/Agu/2021 21:59 WIB
Kelompok Taliban.(foto:Istimewa) Kelompok Taliban.(foto:Istimewa)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Setidaknya seribu kendaraan militer yang sebelumnya dimiliki tentara Amerika Serikat dan angkatan bersenjata Afganistan jatuh ke tangan kelompok Taliban. Termasuk ratusan humvee dan puluhan tank. 

Pasukan Amerika Serikat hingga kini masih melakukan evakuasi mulai dari staff, personel lokal, hingga beberapa sumber daya yang mereka miliki di Afganistan. 

Baca Juga:
Balas Israel, Militan Houthi Serang Kapal AS dan Inggris

Namun tidak semua sumber daya yang dimiliki AS bisa dibawa pulang meninggalkan Afganistan. 

Salah satunya yang ditinggal di negara tersebut adalah kendaraan-kendaraan militer. Jumlahnya tak main-main, mencapai ribuan unit kendaraan dari berbagai tipe. 

Baca Juga:
Kapal Diserang Drone Houthi, AS Balas Bombardir Yaman

Yang pertama adalah Ford Ranger spesifikasi militer, yang jumlahnya mencapai 901 unit. Dari jumlah tersebut 877 di antaranya sudah jatuh ke tangan kelompok Taliban. 

Lalu ada juga 729 unit HMMWV (High Mobility Multipurpose Wheeled Vehicle) atau kerap disebut Humvee. Jumlahnya mencapai 729 unit. Sayangnya, sebanyak 665 di antaranya sudah diambil alih Taliban. Sedangkan 64 lainnya dihancurkan. 

Baca Juga:
Berani! Houthi Yaman Balas Serang Balik Kapal Perang AS

Dikutip dari Autoblog, tank milik tentara AS dan angkatan bersenjata Afganistan paling tidak berjumlah 12 buah juga sudah berpindah tangan. Tank-tank tersebut terdiri dari T-54/55 dan Tank T-62. 

Ada juga Kendaraan Pengamanan Bersenjata M1117. 

Dilaporkan sejumlah 60 buah kendaraan setipe rantis ini sudah dikuasai Taliban. Bukan itu saja, ada juga drone dan perlengkapan senjata anti-pesawat terbang peninggalan tentara AS yang kini jadi milik Taliban. (fh/sumber:detik)