13 Tahun Gino Sopiri Bus Pahala Kencana Jakarta-Denpasar

  • Oleh : Fahmi

Sabtu, 28/Agu/2021 23:05 WIB
Pengemudi bus Pahala Kencana, Gino, membawa bus jurusan Jakarta-Denpasar saat menaikkan penumpang, Sabtu (28/8/2021). Pengemudi bus Pahala Kencana, Gino, membawa bus jurusan Jakarta-Denpasar saat menaikkan penumpang, Sabtu (28/8/2021).

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Perjalanan darat menggunakan bus untuk keluar masuk dari dan Jawa-Bali masih beroperasi dan banyak penumpang saat ini. Hal itu dialami oleh pelaku transportasi yaitu pengemudi bus Pahala Kencana jurusan Jakarta-Denpasar. 

"Penumpang kadang sepi, kadang ada ramai juga," kata Gino saat di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Sabtu (28/8/2021). 

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

Gino mengaku sudah 13 tahun menjadi sopir PO Pahala Kencana. Dan kini dia bergabung di jurusan lintas Denpasar-Jakarta. 

Saat pemberlakuan PPKM Level 4 dan 3 perjalanan keluar masuk Jawa Bali masih diberlakukan sejumlah persyaratan antaranya surat bebas Covid-19 dan sertifikat vaksin minimal dosis pertama. 

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Gino mengungkapkan saat perjalanan di pelabuhan penyeberangan akan ada pemeriksaan dan validasi sejumlah dokumen tersebut. 

Dia dan kru lainnya juga menyayangkan, saat di pos pemeriksaan akan selalu terjadi kerumunan orang-orang yang akan memvalidasi dokumen perjalanan tersebut. 

Baca Juga:
Sopir Jaklingko dan Pengurus Bus AKAP Cekcok di Terminal Lebak Bulus, Begini Kronologinya

Dia bercerita, penumpang bus nantinya akan turun dan melakukan validasi di sebuah pos penyekatan. 

"Katanya enggak boleh berkerumun, validasi aja berkerumunnya udah panjang banget berjejer," ucapnya. 

Ungkapan harus 'menjaga jarak' saat terjadinya kerumunan, yang diciptakan oleh petugas membuatnya bingung dengan pandemi covid-19 ini. 

"Kalau ada lima bus, turun semua itu validasi, udah gitu enggak ada jaga jarak," ceritanya. 

Dia menceritakan awalnya, di penyeberangan jumlah bus sempat mengalami penurunan, yang akan dinaiki ke kapal namun saat ini jumlah bus juga terasa mulai meningkat kembali. 

"Ada dua bus, tapi sekarang-sekarang ini sudah mulai lebih tiga atau empat gitu kadang-kadang," katanya. 

Perjalanan bus dari keberangkatan awal di Jabodetabek menuju Denpasar akan menempuh perjalanan darat dengan memakan waktu 20 sampai 24 jam.(fahmi)