Wow! Sultan Hassanal Bolkiah Borong 45 Kendaraan Lapis Baja Anoa 6x6 dan Senjata SS2 dari PT Pindad Indonesia

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 28/Sep/2021 20:57 WIB
Foto:istimewa/dokpuspentni Foto:istimewa/dokpuspentni

JAKARTA (BeritaTrans.com) - PT Pindad siap mendukung Angkatan Darat Brunei Darussalam berupa suplai kendaraan tempur (ranpur) dan senjata.

Seperti dikutip Jurnal Soreang dari jabarprov.go.id, Hal tersebut merupakan bagian dari tindak lanjut pembicaraan yang sudah berlangsung dalam tiga tahun terakhir.

Baca Juga:
Menhan Prabowo Usul Gencatan Senjata dan Siap Kirim Pasukan Perdamaian ke Ukraina

Direktur Bisnis Produk Pertahanan Keamanan PT Pindad, Widjajanto mengungkapkan kerjasama tersebut untuk pembelian 45 kendaraan tempur lapis baja Anoa 6 x 6 dan senjata SS2 

Menurut Widjajanto, awalnya Pindad berencana untuk membantu Angkatan Darat Brunei melakukan proses retrofit dan membangun workshopmaintenance di Brunei.

Baca Juga:
Menhan Prabowo Usul Gencatan Senjata dan Siap Kirim Pasukan Perdamaian ke Ukraina

“Asal muasal pembicaraan adalah untuk membantu angkatan darat Brunei melakukan proses modifikasi 45 unit ranpur 4 x 4 VAB buatan Perancis dan membangun workshop maintenance angkatan darat Brunei,” ujar Widjajanto kepada wartawan di Bandung, Jumat 4 Mei 2018.

Widjajanto mengungkapkan, dalam perkembangan pembicaraan, ide pembelian unit baru 6x6 Anoa oleh Angkatan Darat Brunei muncul karena secara ekonomis pembelian unit baru dinilai lebih hemat daripada meretrofit unit yang lama.

Baca Juga:
Prabowo Subianto: Menhan Kongo Tertarik Produk Senjata Buatan Anak Bangsa Indonesia

Widjajanto mengatakan Tim Angkatan Darat Brunei dalam waktu dekat akan membentuk tim uji ranpur dan senjata buatan Pindad sebagai tindak lanjut arahan Sultan Haji Hassanal Bolkiah dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

"Kunjungan Sultan Bolkiah ke Indonesia merupakan kunjungan balasan atas kehadiran Presiden Jokowi dalam perayaan 50 tahun Sultan Bolkiah Bertahta pada Oktober 2017 lalu," pungkasnya.

Dalam kunjungannya ke Indonesia tersebut, Sultan Hassanal Bolkiah juga berkesempatan melihat beberapa Alat utama sistem persenjataan (Alutsista) buatan Indonesia yang sangat mempuni dalam beberapa tugas operasinya.

Salah satu tempat Alutsista yang dikunjungi oleh Sultan Hassanal Bolkiah adalah milik PT Pindad. Beberapa pihak dari PT Pindad menjelaskan beberapa produknya kepada Sultan Hassanal Bolkiah di Gor Ahmad Yani, Markas Besar TNI, Cilangkap, Jakarta.

Bahkan dalam suatu momen kunjungan itu, Sultan Hassanal Bolkiah sempat mengokang dan mencoba salah satu senjata produksi PT Pindad di hadapan Presiden Jokowi.(amt/sumber:jurnalsoreang)