Cantik dan Cekatan, Novi Pramugari Bus Adhi Prima Siap Layani Penumpang Rute Bekasi-Palembang

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 08/Okt/2021 20:23 WIB
Novi, pramugari bus Adhi Prima dengan tujuan Palembang-Bekasi saat berada di Terminal Bekasi, Jumat (8/10/2021). Foto: BeritaTrans.com. Novi, pramugari bus Adhi Prima dengan tujuan Palembang-Bekasi saat berada di Terminal Bekasi, Jumat (8/10/2021). Foto: BeritaTrans.com.

BEKASI (BeritaTrans.com) - Awak bus AntarKota saat ini tak hanya didominasi kaum pria saja. Namun juga oleh kaum perempuan juga turut merambah profesi sebagai awak bus. Mulai dari menjadi pengemudi hingga pramugari.

Novi (29) perempuan cantik asal Lampung, Sumatera Selatan ini belum lama berkecimpung dijasa transportasi umum massal darat yakni bus AntarKota. Profesi saat ini sangat berbeda jauh dengan yang terdahulu bagi dirinya.

Baca Juga:
Terminal Bekasi Ramai Dipadati Penumpang Akhir Tahun

"Jauh banget mas kerjaan sekarang sama yang dulu mas. Sebelum bergabung di Adhi Prima, kerjaan lama sebagai sales kosmetik. Pilihan ini karena saya suka jalan-jalan dan yang lain-lainnya," ucap Novi saat ditemui BeritaTrans.com di Terminal Bekasi, Jumat (8/10/2021).

Pertama kali dirinya bergabung di PO bus Adhi Prima dengan tujuan Palembang, sebagai pramugari, semua rasa dialaminya dalam penyesuaian di profesi barunya tersebut.

Baca Juga:
Ramai Pemudik, Tiket Bus Beberapa PO di Terminal Bekasi Sudah Habis

"Kalau penyesuaian iya, ada rasa grogi, rasa deg-degan menghadapi penumpang, cara ngomongnya dan penyampaian kita ke penumpang. Supaya penumpang itu tertariklah dengan pelayanannya. Alhamdulillah, sudah enam bulan berjalan rasa grogi dan gugup hilang dengan sendiri," ucap Novi.

Novi menempatkan barang bawaan penumpang ke dalam bagasi bus. Foto: BeritaTrans.com.

Baca Juga:
Terminal Bekasi Membludak saat Momen Libur Sekolah dan Idul Adha

Dirinya pun lebih dalam lagi menceritakan kesehariannya selama beraktivitas sebagai pramugari, mulai dari pool hingga Terminal ke Terminal.

"Kalau keseharian di bus ya pasti masnya udah tahulah, gimana kehidupan kru bus selama perpal. Mulai dari bersih-bersih bus sampai tidur di bus, ya kek mana sudah tugas. Ini saja saya bawa koper pakaian, saya taruh dibelakang. Sudah hampir tiga minggu belum pulang ngeliat anak di rumah sama neneknya. Ya maklum sajalah yah mas, karena saya single parent harus cari uang juga buat kebutuhan anak, kerjaan seberat apapun sebagai pramugari bus ikhlas dikerjakan. Apalagi kalau untuk anak rasa berat kerjaan semuanya hilang seketika mas. Anak saya masih umur tiga tahun," ceritanya.

Amatan BeritaTrans.com selama bersama Novi saat bertugas sebagai pramugari bus Adhi Prima di Terminal Bekasi. Di tengah guyuran teriknya matahari siang hari, dirinya tetap semangat mengangkat barang bawaan penumpang ke dalam bagasi bus. Bukan hanya itu saja, saat membuka pintu bagasi juga cukup kuat dengan bobot yang terbilang berat untuk tenaga seorang perempuan.

Namun, itu semua tidak berlaku bagi Novi, ia dengan kuat dan cekatan membawa atau memindahkan baran penumpang ke dalam bagasi bus. BeritaTrans.com sembari mengamati kegiatan pramugari tersebut, sejumlah penumpang pun juga cukup senang dengan keramahan Novi sang pramugari bus Adhi Prima. Tak berselang lama, bus Adhi Prima pun diberangkatkan dengan sehumlah penumpang di dalamnya dari Terminal Bekasi dengan tujuan Palembang.

Perlu diketahui, bagi yang ingin bepergian menggunakan bus Adhi Prima ini, tarifnya pun terbilang ramah dikantong, yakni sebesar Rp270 ribu dengan kelas eksekutif. Sedangkan fasilitas yang didapatkan penumpang selama perjalanan yaitu ekstra kopi, selimut, usb charger, entertainment dan toilet. (Dan)