Musim Nataru, Pelni Kerahkan Seluruh Kapal Penumpang

  • Oleh : Redaksi

Senin, 13/Des/2021 16:58 WIB
Kapal Pelni Gunung Dempo dan Umsini di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok (foto:dok/BeritaTrans.com/ahmad) Kapal Pelni Gunung Dempo dan Umsini di Pelabuhan Penumpang Tanjung Priok (foto:dok/BeritaTrans.com/ahmad)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) OM Sodikin menyatakan, seluruh kapal penumpang yang dimiliki akan dikerahkan untuk melayani kebutuhan angkutan saat libur Natal 2021 dan tahun baru 2022.

Sodikin menjelaskan hal itu dilakukan perseroan sebagai bentuk untuk antisipasi memenuhi tingginya permintaan pada ruas-ruas tertentu selama periode angkutan pada akhir tahun ini.

Baca Juga:
KM Bukit Raya Alami Insiden di Perairan Pontianak, Alhamdulillah Situasi Berhasil Dikendalikan

Pelni,menurut Sodikin, juga melakukan rerouting untuk dua kapal penumpangnya yakni KM Tidar dan KM Kelud. KM Tidar menambah rute menuju Ambon dan untuk KM Kelud akan menggenjot frekuensi pelayaran dengan ruas Batam - Belawan.

"Sesuai ketentuan, Pelni akan menjual tiket sebanyak 50 persen dari kapasitas kapal," kata Sodikin melalui siaran pers, Senin, 13 Desember 2021.

Baca Juga:
Pelni Tuntaskan Arus Balik Angkutan Mudik Gratis Sepeda Motor 2024

Adapun pembelian tiket dapat diperoleh melalui sejumlah pilihan outlet. Beberapa di antaranya adalah website www.pelni.co.id, Pelni Mobile Apps, agen penjualan tiket dan 45 kantor cabang PT Pelni yang tersebar di seluruh Indonesia dengan metode pembayaran secara nontunai (cashless).

Lebih jauh, Sodikin menyebutkan selama masa angkutan pada libur natal dan tahun baru dimulai, KM Tidar akan melayani rute Makassar - BauBau - Namlea - Ambon - Tual - Dobo - Kaimana - FakFak - Sorong - Manokwari - Nabire - Manikwari - Sorong - Ambon - FakFak - Kaimana - Dobo - Tual - Ambon - Namlea - BauBau - Makassar.

Baca Juga:
KM. Dobonsolo Kembali Angkut Ribuan Peserta Arus Balik Mudik Gratis Sepeda Motor Dari Semarang ke Jakarta

Sedangkan KM Kelud akan melayani rute A yakni Tanjung Priok - Batam - Tanjung Balai Karimun - Belawan - Tanjung Balai Karimun - Batam - Tanjung Priok. Lalu rute B adalah Tanjung Priok - Kijang - Batam - Belawan - Batam - Belawan - Batam - Kijang - Tanjung Priok.

Untuk menjaga ketertiban, keamanan pelayaran dan kenyamanan penumpang kapal Pelni selama periode angkutan akhir tahun ini, seluruh calon penumpang diimbau agar membawa barang bawaan sesuai dengan aturan yang berlaku. Penumpang diperkenankan membawa barang bawaan dengan berat maksimum 40 kg dengan dimensi maksimum sebesar 70 x 40 x 35 cm.(amt/sumber:tempo.co.id)

Tags :