Penyangga Patah, Jembatan Ponton Pelabuhan Ungar Karimun Ambruk

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 18/Janu/2022 22:25 WIB
Jembatan ponton pelabuhan Alai, Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau ambruk, Senin (17/1/2022). Jembatan ponton pelabuhan Alai, Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau ambruk, Senin (17/1/2022).

BATAM (BeritaTrans.com) - Jembatan ponton yang ada di pelabuhan Alai, Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau ambruk, Senin (17/1/2022) sore. 

Ambruknya jembatan ponton yang menjadi akses utama keluar masuk orang di Kecamatan Ungar tersebut dibenarkan oleh Camat Ungar, Suzandra. 

Baca Juga:
Anak Usaha ASDP Terus Perkuat Layanan Ferry Jarak Jauh

"Benar, jembatan ponton pelabuhan ambruk sekitar pukul 17.00 WIB," kata Suzandra melalui telepon, Selasa (18/1/2022). 

Suzandra menjelaskan, sejak pagi hari tiang penyangga jembatan ponton itu sudah patah. 

Baca Juga:
Tingkatkan Efisiensi Angkutan Logistik, Jembatan Nusantara Perkuat Penyeberangan Jarak Jauh

Karena penyangga patah dan bisa menyebabkan ambruk, pihaknya segera mengambil sikap menutup total pelabuhan untuk sementara waktu. 

"Tiang penyangga jembatan ponton pelabuhan patah sejak pagi dan kita tutup langsung supaya warga tidak mendekat. Namun sorenya jembatan ambruk diduga karena dipicu angin kencang," jelas Suzandra. 

Baca Juga:
Dihantam Badai, Jembatan Penghubung Dermaga Apung ke Kaku di Pariaman Rusak

Lebih lanjut, Suzandra menyebut pihaknya sudah melaporkan ambruknya jembatan ponton pelanbuhan Alai Ungar ke Dinas Perhubungan Karimun untuk diteruskan ke Pemerintah Provinsi Kepri. 

Untuk diketahui, pelabuhan yang sudah ada sejak masa pemerintahan mantan Gubernur Kepri HM Sani itu merupakan aset Pemerintah Provinsi Kepri. 

"Kita sudah laporkan, karena pelabuhan Alai ini aset Pemprov Kepri," terang Suzandra. 

Terakhir, Suzandra menyebut masyarakat Kecamatan Ungar sangat berharap Pemprov Kepri dapat segera melakukan perbaikan terhadap jembatan ponton pelabuhan tersebut. 

"Kita akan bangun pelantar kayu sementara tak jauh dari pelabuhan agar aktivitas masyarakat tetap berjalan, sembari menunggu perbaikan," papar Suzandra. 

Zaidi salah seorang warga di Kecamatan Ungar meminta agar pemerintah daerah dapat segera melakukan perbaikan total terhadap Pelabuhan tersebut. 

Tak hanya jembatan, kata dia, pemerintah juga diminta melakukan perbaikan terhadap lantai dan atap ponton yang sudah dalam kondisi memprihatinkan. 

"Sudah selayaknya segera diperbaiki karena sudah rusak sana sini, jangan sampai tunggu ada korban jiwa baru mau diperbaiki," kata Zaidi. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perhubungan Karimun, Afriyan mengatakan bahwa pihaknya sudah melaporkan ambruknya jembatan ponton pelabuhan Alai ke Pemprov Kepri. 

"Sudah kita laporkan dan pihak provinsi juga sudah turun ke lokasi," kata Afriyan.(fh/sumber:kompas)