Bus Sempati Star Bekasi-Medan Ramai Peminat

  • Oleh : Fahmi

Selasa, 25/Janu/2022 14:04 WIB
Bus PO Sempati Star jurusan Bekasi-Medan yang diberangkatkan Selasa (25/1/2022). Bus PO Sempati Star jurusan Bekasi-Medan yang diberangkatkan Selasa (25/1/2022).

BEKASI (BeritaTrans.com) - Keberangkatan bus dari Bekasi menuju Medan banyak peminat. Hal itu terjadi pada bus PO Sempati Star yang akan diberangkatkan pada Selasa (25/1/2022). 

Penumpang yang meminati bus Sempati Star itu akan naik dari Terminal Bekasi dan dari terminal lainnya yang ada di Jabodetabek. 

Baca Juga:
Terminal Kepuhsari Jombang Hanya Berangkatkan Sedikit Bus saat Libur Panjang

"Penumpang kalau Sempati Star ramai terus, naik dari Bekasi ke Kalideres, ke Pulo Gebang ramai, masuk terminal semua," ujar Riko lelaki asal padang yang merupakan kru bus Sempati Star tersebut saat ditemui di Terminal Bekasi, Selasa (25/1/2022). 

Riko menjelaskan, bus tersebut akan menaikkan penumpang antara di lima sampai enam terminal untuk selanjutnya langsung menyeberang ke arah Sumatera dan mengakhiri perjalana di Medan.  

Baca Juga:
Lika-Liku Perjalanan Bus ALS Bekasi ke Medan, Lalui Lintas Tengah Sumatra Berhari-Hari

Riko juga mengatakan bahwa penumpang busnya tersebut juga ada yang akan turun di selain Medan. Ada yang turun di Palembang, Jambi atau PekanBaru. 

Bus tersebut banyak diminati, karena merupakan bus kelas terbaik yang tersedia saat ini untuk jurusan tersebut. Bus Sempati Star yang diawaki Riko dan Doni tersebut tam penuh pernak pernik tokoh kartun Hello Kitty. 

Baca Juga:
Terminal Bekasi Ramai Dipadati Penumpang Akhir Tahun

Para kru juga tampak gagah dan rapih, mereka merupakan pengemudi atau driver dan juga kenek atau co-driver. 

Bus dan krunya tersebut sebelumnya telah menginap dua malam di Jakarta. Kru memilih Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur untuk tempat menginap dan beristirahat. 

"Di sini kita menginap dua hari. Sekarang sudah fit lagi lah badan, sudah semangat lagi," ujar Riko. 

Pantauan BeritaTrans.com dan Aksi.id di Terminal Bekasi, sejumlah penumpang bus mereka tampak telah menanti di dalam bus dan juga masih ada yang berada di luar bus untuk menanti jadwal keberangkatan. 

Dengan bus dengan yang interiornya penuh warna yang banyak diminati kaum perempuan itu, tampak terpasang rapi gorden pink, baltal pink, selimut pink serta stiker atau asesoris lain seperti boneka pajangan. 

Tampak warna sisi luar bus berbeda daripada interior tersebut. Di luar bus bersasis mesin Mercedes-Benz itu tampak sangar, didominan warna hitam separuh kuning dan gambar bintang khas PO tersebut. Hanya pelak yang tampak berwarna pink dan juga terlihat di balik tameng besi sejumlah asesoris boneka Hello Kitty. Bagian itu terlihat samar jika dilihat dari arah luar bus. 

Membawa bus melintasi dua pulau besar yaitu Jawa dan Sumatera membuat sejumlah kru jarang untuk pulang ke rumah untuk bertemu keluarga. 

Beberapa kru bus tersebut merupakan warga padang, mereka mengaku jarang untuk pulang karena jalur atau rute bus kini tidak ke arah sana. Mereka hanya akan lulang jika ada kebutuhan mendesak dan lain sebagainya. 

Sebelumnya bus yang meraka awaki ialah rute Padang-Medan. Namun, kini perjalanan semakin jauh. 

"Dulunya ini bus pemain Padang, sekarang sudah beralih ke Jakarta," ucapnya 

Bus Sempati Star dengan nomor pintu 25 tersebut merupakan mobil pertama yang membuka trayek ke Jakarta dan kini kembali lagi rute ke Jakarta-Medan. 

Perjalanan bus intas jauh dan yang melewati berbagai provinsi itu untuk mengantarkan penumpang, unit bus juga harus dilakukan perawatan khusus, seperti servis dan perawatan lainnya. 

Semua perawatan bus akan dilakukan di gudang yang ada di Medan, Sumatera Utara, namun jika bus berjalan ke Jakarta, bus akan dilakukan perawatan seadanya. 

Perjalanan bus Sempati Star akan memakan waktu selama sekitar tiga hari dua malam dengan melewati penyeberangan antara dua pulau besar. 

Adapun tarif Bus PO Sempati Star jurusan Bekasi/Jakarta sampai dengan Medan ialah Rp700 ribu. Bus akan dilayani dengan berbagai fasilitas yang ada di dalamnya. Termasuk satu buah selimut, kamar mandi dan colokan cas hp. (fahmi)