Viral! Diduga Petugas Gelindingkan Barang Lewat Tangga Pesawat, Ini Penjelasan Lion Air

  • Oleh : Fahmi

Minggu, 30/Janu/2022 14:11 WIB
Tangkapan layar cuplikan video soal barang yang digelindingkan dari kabin pesawat Lion Air beredar pada Sabtu (29/1/2022).(Twitter) Tangkapan layar cuplikan video soal barang yang digelindingkan dari kabin pesawat Lion Air beredar pada Sabtu (29/1/2022).(Twitter)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Corporate Communication Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro buka suara perihal video viral diduga seorang petugas yang menggelindingkan barang melalui tangga di pesawat Lion Air. 

Sejauh ini, pihaknya masih melakukan investigasi terkait kejadian pada video yang viral pada Sabtu (29/1/2022) tersebut. 

Baca Juga:
INACA: Iuran Pariwisata jadi Beban Tambahan Penumpang dan Maskapai Penerbangan

"Penjelasan Lion Air dari video yang beredar dan berkembang, bahwa Lion Air saat ini masih melakukan proses investigasi lebih lanjut," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (29/1/2022). 

Masih belum diketahui apakah barang yang digelindingkan oleh diduga petugas itu merupakan barang milik penumpang atau bukan. 

Baca Juga:
Lion Air Layani Rute Lombok - Makassar Mulai 27 Maret

Menurutnya, bagasi penumpang tidak ditempatkan di dalam kabin. 

"Sepengetahuan kami, bagasi penumpang tidak ditempatkan di dalam kabin pesawat. Pengaturan dan penempatan bagasi penumpang berada di bagian bawah pesawat," pungkasnya. 

Baca Juga:
Pesawat Boeing 787 LATAM Airlines Terjun Bebas, Penumpang Terlempar dari Kursi hingga 50 Terluka

Ketentuan barang bawaan di kabin pesawat 

Dilansir dari situs resmi Lion Air, ketentuan barang bawaan ke kabin (hand carry), aturan yang berlaku yaitu: 

1. Setiap penumpang (kecuali bayi), diperbolehkan membawa satu bagasi kabin (cabin baggage) dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi (personal item) seperti tas laptop/perlengkapan bayi/bahan membaca/kamera/tas jinjing wanita (hand luggage). Maksimum ukuran dimensi bagasi kabin ialah 40 cm x 30 cm x 20 cm. 

• Laptop dalam tas laptop tipis dianggap sebagai barang pribadi. Laptop dalam tas laptop yang lebih besar akan dihitung sebagai bagian dari alokasi barang yang dibawa. 

• Lion Air sangat menghargai perhatian dan kerja sama setiap penumpang. Lion Air mengingatkan semua penumpang, bagasi kabin harus sesuai dengan batas dimensi dan berat serta disimpan dengan benar. Jika secara aktual membawa bagasi berukuran besar atau terlalu berat, agar bagasi dapat diangkut sebagai bagasi terdaftar. 

2. Semua yang berbentuk cairan tidak boleh lebih dari 100 ml. 

3. Barang bawaan di rak (kompartemen) di atas kepala yang tertutup atau di bawah kursi bagian depan. 

• Bagasi yang dijinjing harus muat di bawah kursi penumpang saat disimpan, agar tidak bergeser ke samping menuju lorong (aisle). 

• Bagasi yang dijinjing yang tersimpan di rak atas kepala harus terpasang dengan aman dan awak kabin dapat menutup rak. 

• Apabila meletakkan barang pribadi di dalam saku kursi, maka posisi barang dari bagian belakang kursi harus dalam garis vertikal dan dalam posisi barang tersebut tidak menonjol ke arah lorong. 

4. Beberapa item (jenis) khusus tidaktidak cocok sebagai bagasi terdaftar karena sifatnya, untuk itu harus meminta izin membawanya ke dalam kabin. 

• Barang berharga seperti uang tunai, dokumen keuangan, perhiasan, kamera, ponsel, perangkat elektronik portabel dan bentuk barang berharga lainnya harus disimpan sendiri di rak atau kompartemen di atas kepala yang tertutup atau di bawah kursi di depan posisi duduk penumpang. 

• Barang kebutuhan bayi seperti popok, botol susu dan makanan untuk dikonsumsi selama penerbangan tidak melebihi dari 5 kg. 

• Kebutuhan penumpang disabilitas, seperti tongkat jalan, kursi roda, tongkat penopang/penyangga atau perlengkapan bantu lainnya. 

• Perlengkapan mandi atau produk perawatan (toiletries) berbentuk cairan seperti sampo, pelembut kulit (lotion), sabun, parfum atau benda-benda lainnya diatur yang baik dan aman. Pastikan tertata dalam wadah berbentuk kantong (pouch) khusus. 

Sebagaimana diberitakan, sebuah video yang menampilkan diduga seorang petugas menggelindingkan barang dari tangga pesawat Lion Air viral di media sosial Twitter baru-baru ini.(fh/sumber:kompas)