Antisipasi Lonjakan Covid-19, TNI AL Siapkan Tempat Isolasi hingga Kapal Rawat Pasien

  • Oleh : Dirham

Rabu, 02/Feb/2022 14:53 WIB
Laksamana Yudo Margono. Laksamana Yudo Margono.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengaku, telah menyiapkan sarana dan prasarana mengantisipasi penyebaran Covid-19 varian Omicron. 

TNI AL sudah menyiapkan tempat isolasi terpusat di beberapa rumah sakit Korps Marinir yang ada di Jakarta maupun Surabaya, Jawa Timur. 

"Kita sudah menyiapkan, yang kemarin tempat untuk isolasi di Jakarta, yang kemarin di Marinir. Kemudian yang di Surabaya juga demikian di Jalan Opak," tutur Yudo di Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (2/2/2022).  

Menurutnya, apabila rumah sakit yang tersebar di beberapa Lantamal itu tak lagi mampu menampung pasien, TNI AL juga menyiapkan opsi lain. TNI AL menyiapkan Kapal Rumah Sakit berkemampuan penanganan Covid-19. Kapal itu adalah KRI dr Wahidin Sudirohusodo-991. 

"Kita juga sudah memiliki rumah sakit lapangan yang baru kita adakan. Juga fasilitas oxygen mobile, baik di darat maupun di kapal kemarin saya lengkapi lagi dua," katanya. 

Pihaknya juga menyiapkan tenaga kesehatan. Tenaga kesehatan bisa direkrut dari fasilitas kesehatan milik TNI AL. 

"Dari perawat-perawat di RS TNI AL yang belum diangkat juga cukup banyak, kita ambil dari situ," kata Yudo. (ds/sumber iNews.id)
 

Tags :