Kapal Nelayan Karam Usai Tabrak Batu Karang di Perairan Bawean

  • Oleh : Redaksi

Selasa, 08/Feb/2022 11:44 WIB
Tangkapan layar dari video amatir kapal karam di perairan Bawean. Foto: jatimnow.com. Tangkapan layar dari video amatir kapal karam di perairan Bawean. Foto: jatimnow.com.

GRESIK (BeritaTrans.com) - Seminggu tak berhenti mencari ikan, Kapal Motor (KM) Tunas Muda 2 mengalami karam usai menabrak karang di Perairan Bhayangkara Desa Kepuhteluk,  Kecamatan Tambak, Bawean.

Kapal motor muatan hasil tangkapan nelayan memancing ikan 300 Kg mengalami karam akibat cuaca buruk dan dihantam ombak besar saat hendak pulang ke Lamongan.

Baca Juga:
Kapal Rodita Kandas di Perairan Bali, 137 Penumpang Dievakuasi

Kanit Satpolairud Polres Gresik Pulau Bawean Bripka Sodiq Susanto mengatakan KM Tunas Muda mulai berangkat mencari ikan dari Perairan Blimbing, Paciran, Lamongan, kemudian menuju Pulau Bawean sekitar pukul 22.00 WIB, Minggu (6/2). Setelah mendapatkan ikan seberat 300 Kg, para nelayan hendak kembali pulang  ke Lamongan. Saat perjalanan pulang sekitar pukul 03.00 WIB, Minggu (6/2), nahkoda dan para anak buah kapal (ABK) mengalami pandangan buruk karena cuaca. Kapal menabrak karang, dan terjadilah karam dari jarak 1 mil dari perairan Bawean.

“Semua nahkoda dan ABK kapal selamat, dan saat ini  saat ini menunggu air pasang untuk menarik kapal di bawah ke pinggir untuk dilakukan perbaikan ,” ujarnya, Senin, (7/2/2022).

Baca Juga:
Dihantam Ombak saat Angkut Air, Kapal Karam di Situbondo

Atas kejadian laka laut tersebut anggota satpol PP melakukan identifikasi pendataan nahkoda dan para ABK yang selamat  di puskesmas setempat.  Kerugian material kecelakaan itu sekitar Rp 2 juta. Sodik menyampaikan identitas koban nahkoda dan ABK diantaranya, Mustadi ,61, sebagai Nahkoda, dan para ABK  Agus, ,35, Subapo ,63, Peno ,67, Gusji ,60, Masrukin ,60, dan Jud ,60,. Semuanya berasal dari Desa Blimbing, Kecamatan Paciran, Lamongan.

”Semua kru kapal KM Tunas Muda selamat dan sudah di evakuasi, “.pungkasnya. (dn/sumber: radargresik.id)

Baca Juga:
Kapal Dagang Kuno yang Karam Ditemukan di Perairan Israel