Profil Alexander Tedja, Crazy Rich Surabaya Pemilik Mal Tunjungan Plaza

  • Oleh : Redaksi

Kamis, 14/Apr/2022 22:52 WIB
Alexander Tedja, siapa pemilik tunjungan plaza yang terbakar. Foto: suara.com. Alexander Tedja, siapa pemilik tunjungan plaza yang terbakar. Foto: suara.com.

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Berikut ini profil Alexander Tedja, crazy rich Surabaya yang jadi pemilik Tunjungan Plaza 5. Salah satu mal terkemuka di Jawa Timur ini mengalami kebakaran pada Rabu (13/4/22) petang.

Tunjungan Plaza 5 menjadi salah satu topik paling dibicarakan di twitter. Hal ini karena terjadi kebakaran yang sangat terlihat pada bagian depan mal.

Baca Juga:
Bukan Crazy Rich Lagi, Penampilan Indra Kenz Berubah Setelah Jadi Tahanan

Kobaran api ini berasal dari rooftop, yang kemudian menjalar ke lantai di bawahnya , tepatnya pada bagian depannya saja.

Sementara kondisi bagian dalam mal masih aman. Termasuk Sogo dan Four Points yang sempat dikabarkan ikut terbakar. Kebakaran ini juga tak menimbulkan korban jiwa.

Baca Juga:
Bergelimang Harta, Crazy Rich Tahir Masih Nggak Pede

Dengan lokasi yang sangat strategis, ditambah pengunjung yang jumlahnya ribuan setiap hari, kebakaran ini banyak terekam dalam ponsel dan kemudian diunggah ke media sosial.

Pada akhirnya Tunjungan Plaza dibicarakan ke seantero Tanah Air. Pembicaraan ini kemudian melebar ke berbagai hal, baik dari kemegahannya maupun sosok pemilik dibalik mal Tunjungan Plaza 5.

Baca Juga:
Wadaw! Satu Per Satu Crazy Rich Tumbang, Usai Juragan99 dan Bos MS Glow, Kini Maharani Kemala Dikeker

Nama Alexander Tedja pun kemudian mencuat di media sosial. Sosok crazy rich asal Surabaya inilah yang jadi pemilik Tunjungan Plaza 5 yang sempat terbakar.

Alexander Tedja memiliki Tunjungan Plaza 5 melalui Pakuwon Grup, tepatnya PT Pakuwon Jati Tbk. Sebelum kehadiran Tunjungan Plaza 5, Pakuwon Grup mengawali dengan mendirikan Tunjungan Plaza 1 pada tahun 1986.

Dari properti di Surabaya, kemudian mengembangkan properti, terutama pusat perbelanjaan ke kota lain, termasuk Jakarta. Pakuwon Grup pun terus berkembang menjadi salah satu perusahaan properti terbesar di Indonesia.

Di Jakarta, Pakuwon Grup memiliki Mall Kota Kasablanka, Gandaria City dan  Blok M Plaza. Selain pusuat perbelanjaan, bisnis propertinya turut merambah perhotelan, kondominium dan gedung-gedung perkantoran.

Keberhasilan Pakuwon Grup turut berdampak pada harta kekayaan Alexander Tedja. Sebagai sosok yang menduduki posisi presiden komisaris, Alexander Tedja selalu masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

Bahkan pada 2020 lalu, Forbes memperkirakan kekayaan Alexander Tedja mencapai 1,45 Miliar Dolar AS. Namun pada 2021 ini, kekayaannya diperkirakan turun pada angka 1,15 Miliar Dolar AS.

Kekayaan itu membuatnya terlempar dari posisi 30 besar orang terkaya Tanah Air versi Forbes tahun 2021. Alexander Tedja menduduki peringkat ke-38, atau lima tingkat dibawah besannya, Murdaya Poo yang ada di peringkat ke-33 dengan kekayaan 1,26 Miliar Dolas AS.

Alexander Tedja sendiri berbesan dengan Murdaya Poo sejak 2008 lalu. Sang putri yang bernama Irene Tedja menikah dengan putra Murdaya Poo, Prajna Murdaya Poo.

Namun, banyak orang tak tahu jika sebelum melaju bersama Pakuwon Grup, Alexander Tedja pernah merambah usaha perfilman.

Pria berusia 76 tahun ini merambah dunia perfilman melalui PT ISAE Film pada 1972. Alexander Tedja juga berbisnis bioskop melalui PT Menara Mitra Cinema Corp tahun 1977. Ketika Pakuwon Grup sudah melantai di bursa efek tahun 1989, Alexander Tedja kembali ke film melalui PT Pan Asiatic Film tahun 1991. (dn/sumber: suara.com)