Truk Sampah Tabrak Penumpang Motor hingga Tewas, DLH DKI Buka Suara

  • Oleh : Redaksi

Jum'at, 29/Jul/2022 12:58 WIB
Truk sampah yang menabrak pemotor di Jaktim, (Rizky Adha Mahedra/detikcom) Truk sampah yang menabrak pemotor di Jaktim, (Rizky Adha Mahedra/detikcom)

Jakarta (Beritatrans.com) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta buka suara terkait kecelakaan lalu lintas yang melibatkan truk sampah miliknya dan pemotor di Jalan Mayjen Sutoyo, Kramat Jati, Jakarta Timur. DLH menjelaskan kronologi kejadian peristiwa nahas itu.

Kepala Suku Dinas LH Jakarta Utara Achmad Hariadi mengatakan truk sampah tersebut berjenis Amroll besar milik Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup Penjaringan, Jakut. Peristiwa tersebut terjadi ketika truk sampah bernomor polisi B-9053-TOR itu tengah dalam perjalanan pulang menuju depo.

"Truk sampah tersebut akan kembali ke homebase setelah dilakukan pengecekan GPS di bengkel Dinas Lingkungan Hidup, Cililitan," kata Achmad kepada wartawan, Kamis (28/7/2022).

Adapun petugas yang mengendarai truk sampah itu merupakan pegawai honorer Sudin LH Jakarta Utara. Achmad menuturkan saat ini pihaknya menunggu hasil penyidikan dari kepolisian.

"Pengemudi tersebut merupakan PJLP Sudin LH Jakarta Utara. Penyidikan kecelakaan tersebut diserahkan kepada pihak kepolisian," jelasnya.

Dia memastikan bakal memberi sanksi tegas jika terdapat unsur kelalaian dalam bertugas. Menurutnya, langkah tersebut sesuai dengan klausul dalam kontrak kerja PJLP serta ketentuan berlaku.

"Jika terbukti ada unsur kelalaian pengemudi atas kecelakaan ini, maka tindakan kedisiplinan akan diterapkan sesuai klausul dalam kontrak kerjanya dan peraturan yang berlaku," tuturnya.

Baca Juga:
Truk Sampah Alami Kecelakaan Tunggal di Gatot Subroto Arah Slipi

Korban Tewas
Sebagaimana diketahui, kecelakaan lalu lintas antara motor dan truk sampah milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta terjadi di Jalan Mayjen Sutoyo, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur (Jaktim), tepatnya di dekat Pusat Grosir Cililitan (PGC). Informasi yang didapat polisi, penumpang motor tersebut meninggal dunia.

"Info terakhir, untuk penumpang sepeda motor meninggal," kata Kanit Laka Lantas Polres Metro Jaktim Iptu Seno Wibowo saat dimintai konfirmasi, Kamis (28/7).

Diketahui, korban yang berjumlah dua orang tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati. Namun pada akhirnya satu penumpang motor yang sempat kritis itu meninggal dunia.

Saksi mata di lokasi kejadian, Surya, mengatakan motor yang tertabrak truk sampah itu melaju dari arah Bogor dan hendak memutar balik. Kemudian ditabrak oleh truk sampah tersebut di jalur TransJakarta.

"Jadi si motor mau langsung ambil kanan putar balik, motor mau mutar balik dari arah PGC sini. Truk sampah mau ngerem mungkin sudah dekat gitu," ucap Surya kepada wartawan di lokasi kejadian.

Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Saat kejadian, Surya mengatakan motor korban sempat terseret, sementara kedua korban mental.
(ny/Sumber: detik.com)

Baca Juga:
Gegara Hindari Sepeda Motor, Truk Sampah Terguling di Puspiptek Serpong