Kereta Api di Sawahlunto Sumbar Segera Beroperasi, Ini Harapan KAI

  • Oleh : Redaksi

Rabu, 07/Des/2022 19:22 WIB
Kereta api Mak Itam berada di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat Kereta api Mak Itam berada di Kota Sawahlunto, Sumatra Barat

PADANG (BeritaTrans.com) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divre II Sumatra Barat menyatakan perlintasan kereta api di Kota Sawahlunto bakal dioperasikan kembali dalam waktu dekat, setelah sekian lama terhenti.

Vice President PT KAI Divre II Sumbar Mohamad Arie Fathurrochman mengatakan lintasan kereta api yang akan dioperasikan kembali itu untuk lintas Sawahlunto - Muaro Kalaban. Pengoperasian kembali lintas tersebut, yang digunakan sebagai lintas Kereta Api Wisata Mak Itam, yang merupakan lokomotif tertua yang ada di Sumbar.

"Hal itu adalah salah satu bentuk kontribusi PT KAI dalam mendorong perekonomian dan pariwisata di Kota Sawahlunto," katanya, Selasa (6/12/2022).

Dia menjelaskan dalan melakukan pengeoperasian kembali lintasan Sawahlunto-Muaro Kalaban itu, tidak hanya PT KAI yang terjun membangun, tapi turut terlibat 3 BUMN lainnya, yakni PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia Group (Persero) Tbk (SIG).

Dia menyebutkan dalam pengeoperasian kembali itu, selain Lokomotif Uap E1060 (Mak Itam), PT KAI Divre II Sumbar juga mendatangkan Lokomotif Diesel BB 3037804 dari Padang sebagai sarana pembantu apabila lokomotif E1060 Mak Itam mengalami gangguan atau sedang melakukan perawatan.

Sedangkan kereta yang digunakan yaitu kereta I20301 yang merupakan kereta klasik dengan dinding kayu, yang menambah nuansa heritage di KA Wisata tersebut.

Arie berharap setelah nanti beroperasi, kereta api wisata Mak Itam dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Kota Sawahlunto dan memberikan manfaat kepada masyarakat Sawahlunto khususnya.

"Kembalinya kereta api di Sawahlunto akan memberikan pilihan pariwisata di Sumbar. Selama ini kereta api tidak ada di Sawahlunto. Nah dalam waktu dekat bakal hadir kembali, semoga memberikan manfaat bagi masyarakat," harapnya.(fhm/sumber:bisnis)