KSOP Marunda Buka Gerai Nasional e-Pas Kecil dan Bagikan Life Jakcet Kepada Nelayan Marunda

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 16/Des/2022 12:54 WIB
foto:BeritaTrans.com/ahmad foto:BeritaTrans.com/ahmad

KSOP Marunda, Patrcik Pardede

Baca Juga:
Pemulangan Jenazah ABK Wafat di Republik Fiji Difasilitasi Kemenhub


JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda mempermudah pelayanan terhadap nelayan dengan membuka gerai Nasional e-Pas Kecil Tahun 2022.

Adanya Gerai Nasional e-Pas Kecil tersebut adalah mempermudah Nelayan Marunda melengkapi salah satu dokumen legalitas kapal ikan untuk melaut.

Baca Juga:
SPSL Jaga Keberlanjutan Lingkungan dan Berdayakan Masyarakat Lewat Program Teman Nelayan

Kepala KSOP Marunda, Patrick Pardede menyebutkan bahwa jumlah kapal nelayan yang berada di wilayah kerja Marunda sebagian sudah mendapatkan e-Pas Kecil, dan untuk kegiatan hari ini ada sekitar 40 kapal nelayan yang mendaftar untuk pembuatan e-Pas Kecil.

Patrick Pardede menjelaskan,"Pas Kecil merupakan dokumen penting yang dapat digunakan sebagai dokumen kepemilikan kapal, Surat Tanda Kebangsaan Kapal, Dokumen, Kelengkapan Berlayar, selain itu dapat juga dijadikan jaminan kredit usaha serta memudahkan pendataan, semua ini tidak dipungut biaya atau gratis" ungkapnya saat dijumpai BeritaTrans.com di Kantor KSOP Marunda, Jumat (16/12/2022).

Baca Juga:
Jawab Nelayan, Menhub Konsolidasi Perbaikan Pelabuhan Perikanan di Lamongan

Perwakilan dari Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut membuka kegiatan tersebut

Lebih lanjut, saat ini terdapat 40 e-pas kecil kapal nelayan yang memohon untuk penerbitan pas kecil, dan gerai pelayanan ini di mulai tanggal 19-23 Desember dan terus berlangsung tidak hanya di tanggal tersebut.

Adapun untuk kapal-kapal ikan lainnya diimbau agar segera mengurus legalitasnya agar dapat memiliki pas kecil.

"Saya mengimbau agar kapal-kapal ikan yang belum diukur untuk segera diurus legalitasnya untuk mendapatkan pas kecil mengingat pas kecil itu merupakan bukti kepemilikan kapal dan berlaku selamanya, kita tetap melayani diluar tanggal tersebut," ujar KSOP Marunda.

Gerai Nasional e-Pas Kecil dibuka oleh perwakilan dari Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut, dan dilanjutkan dengan pembagian life jacket secara gratis untuk nelayan kapal ikan.

Perwakilan dari Nelayan Marunda yang diwakili oleh Kubil

Sementara itu, perwakilan nelayan Marunda yang diwakili Kubil  pada saat yang sama menyampaikan ucapan terima kasih kepada KSOP Marunda dan semua pihak atas perhatian dan bantuannya kepada masyarakat nelayan di Marunda yang mendapatkan e-Pas Kecil ini tanpa biaya atau gratis.

"Atas nama nelayan, kami mengucapkan terima kasih atas pemberian e-pas kecil dan life jacket dari KSOP Marunda dan kepada seluruh pemangku kepentingan atas pemberiannya secara gratis," ujar Kubil.

Hadir pada kesempatan tersebut, perwakilan dari Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut, KSU Pelabuhan Utama Tanjung Priok, Distrik Navigasi Tanjung Priok, Balai Kesehatan Kerja Pelayaran, Balai Teknologi Keselamatan Pelayaran, Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok, KSOP Sunda Kelapa, KSOP Muara Angke, KSOP Kepulauan Seribu, Sudin KPKP, Camat Cilincing, TNI-AL, Polsek Marunda, Lurah Marunda, para stakeholder di lingkungan Pelabuhan Marunda serta para nelayan di Pelabuhan Marunda.(ahmad)