4 Rangkaian Tambahan KA Cepat Tiba di Depo Tegalluar

  • Oleh : Fahmi

Jum'at, 10/Feb/2023 13:09 WIB
Foto: Dok. KCIC Foto: Dok. KCIC

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung bertambah. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) telah menerima tambahan 4 rangkaian Electric Multiple Unit (EMU).

Dari 4 rangkaian itu, totalnya memiliki sekitar 32 gerbong kereta cepat. Kereta-kereta yang bakal digunakan dari Jakarta ke Bandung ini tiba seluruhnya pada hari ini, Jumat (10/2/2023).

Baca Juga:
KAI Berkomitmen Terus Selalu Melaksanakan Penugasan dari Pemerintah

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry menjelaskan seluruh rangkaian EMU kereta cepat tiba dengan selamat di Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung. Tidak ada kendala yang berarti selama proses pengiriman rangkaian EMU dari lokasi penyimpanan di wilayah Cakung.

"Sebelum kereta dikirimkan, pihak kami selalu melakukan pre-trip inspection untuk memastikan keamanan dan keselamatan selama perjalanan menuju Depo Tegalluar. Untuk memastikan keamanan proses pengiriman, KCIC juga terus berkordinasi dengan seluruh stakeholder terkait seperti Korlantas Polri, Jasa Marga, BPJT Kementerian PUPR, serta para kontraktor dan konsultan proyek Kereta Api Cepat Jakarta Bandung," ujar Rahadian dalam keterangannya.

Baca Juga:
Kecepatan Whoosh Dibatasi Gegara Hujan Lebat, Perjalanan Terlambat

Dalam pengirimannya, setiap rangkaian EMU dilepas satu persatu untuk dikirim secara satuan menggunakan truk berkekuatan 279 ton. Dalam rangka menjaga keamanan para pengguna jalan tol lainnya, pengiriman juga hanya dilakukan di hari Senin sampai dengan Kamis pada pukul 21.00 WIB malam hingga 05.00 WIB dini hari.

Baca juga:Before After Stasiun Kereta Cepat Halim Dilihat dari Udara

Baca Juga:
Whoosh Angkut Lebih dari 200 Ribu Penumpang di Angkutan Lebaran Perdana 2024

Jumlah pengiriman setiap harinya juga dibatasi hanya sebanyak 2 unit kereta dalam setiap perjalanan. Dibutuhkan total waktu 2 hari dalam setiap perjalanan pengiriman EMU tersebut untuk memastikan keamanan dan keselamatan petugas maupun seluruh pengguna jalan tol.

KCIC juga memastikan Depo Tegalluar dalam kondisi yang steril dari berbagai alat berat agar rangkaian EMU dapat langsung ditempatkan pada track. Setelah satu persatu kereta EMU tiba, petugas langsung merangkai EMU tersebut kembali untuk nantinya dilakukan uji statis dan dinamis.

Rahadian mengatakan, kedatangan 4 rangkaian EMU ini menambah daftar EMU KCJB yang telah tiba di Indonesia menjadi 6 rangkaian dari 11 rangkaian yang direncanakan untuk operasional KCJB.

Adapun pengiriman 5 rangkaian EMU sisanya ke Indonesia akan terus dilakukan secara bertahap hingga akhir April 2023.

"Pengiriman EMU kloter 2 menuju Depo Tegalluar ini menjadi salah satu bagian dari persiapan jelang operasional KCJB," tutup Rahadian. (Fhm)