Dies Natalis Ke-66 STIP Jakarta, Kepala BPSDMP: Momentum Mengulang Kejayaan Maritim Indonesia

  • Oleh : Naomy

Selasa, 28/Feb/2023 07:30 WIB
Dies Natalis 66 tahun STIP Jakarta Dies Natalis 66 tahun STIP Jakarta

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Kampus Kementerian Perhubungan, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta menyelenggarakan rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-66 dengan tema “Contributing to Sustainable Development in Global Maritime Industry".

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

Kegiatan ini dibuka Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP), Djoko Sasono di Kampus Auditorium Kampus STIP Jakarta, Senin (27/2/2023). 

Dalam sambutannya, Kepala BPSDMP menyampaikan bahwa di usia yang ke-66 ini STIP Jakarta telah menorehkan berbagai capaian dan prestasi baik di tingkat regional, nasional, dan internasional.

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

"Semua capaian ini merupakan bukti dari kerja keras dan komitmen STIP Jakarta dalam menciptakan dan meningkatkan SDM ber-PRESTASI yaitu Profesional, Etika, Standar Global, dan Integritas," ungkapnya.

Dia menyampaikan, dalam usia ini hendaknya memberikan kedewasaaan yang diharapkan akan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar lagi di kemudian hari. 

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Berbicara tentang pendidikan pelayaran tentunya Indonesia berkiblat pada sejarah bangsa dan STIP Jakarta menjadi bagian dari proses sejarah dalam modernisasi pendidikan pelayaran di Indonesia.

"Kita mengenal dalam sejarah kita, ada masa dimana kehebatan pelayaran dalam sejarah seperti Kerajaan Sriwijaya, Majapahit, dan sebagainya yang menunjukkan betapa hebatnya pelayaran yang dikuasai oleh orang Indonesia sejak dulu," tambahnya.

Dalam dies natalis ke-66 yang diwarnai dengan berbagai macam kegiatan akademik, diharapkan akan menjadi media untuk lebih banyak menggali dan belajar dari apa yang ada di sekitar dan mungkin dari yang ada pada diri kita sendiri untuk bekal berinovasi membangun negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan ini menjadi salah satu negara yang terdepan di dunia maritim.

"Hari ini kita akan mendengarkan orasi ilmiah yang tentunya akan memberikan pencerahan dan juga penguatan-penguatan kepada kita. Kita juga akan mendengarkan knowledge sharing dari praktisi yang merupakan mahasiswa pasca sarjana STIP, karena sekolah kita ini vokasi tentu kita berharap di puncak-puncak pengambil keputusan memahami tentang pendidikan vokasi, karena negara manapun membutuhkan pendidikan vokasi," bebernya.

Djoko mengucapkan selamat kepada STIP Jakarta, dan berharap kegiatan Dies Natalis ini menjadi salah satu wadah untuk bisa mendapatkan pijar-pijar untuk bekal membangun pendidikan vokasi khususnya bidang pelayaran menjadi lebih baik lagi dan dijadikan momentum mengulang kembali kejayaan maritim Indonesia.

Dies Natalis ini telah diselenggarakan dari 13 s.d 24 Februari 2023, dengan rangkaian kegiatan berupa Maritime Job Fair, Launching E-Library, Vaksinasi Booster, Pemilihan Pegawai dan Dosen Teladan, Rangkaian Kegiatan Perlombaan yang dilakukan oleh Para Pegawai dan Taruna/i, Penyuluhan Kesehatan, serta kegiatan sosial lainnya.

Ketua STIP Jakarta, Capt. Sudiono dalam laporannya menyampaikan bahwa momentum Dies Natalis ini merupakan salah satu sarana untuk memupuk kebersamaan dan memberikan motivasi kepada seluruh civitas akademika STIP Jakarta dalam menciptakan dan membangun SDM transportasi laut andal.

"Momentum ini juga sekaligus untuk menunjukkan kepada para insan perhubungan dan para stakeholder atas peran STIP Jakarta yang hadir mendukung memenuhi kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi serta pembangunan SDM transportasi yang handal berdaya saing global," lapornya.

Pada kesempatan ini juga dilakukan launching aplikasi My KHT (Kegiatan Harian Taruna) yang berfungsi untuk memonitoring kegiatan para Taruna/i STIP Jakarta. (omy)