Mantap, Taruna BPSDMP Bantu Pemudik di Pelabuhan, Bandara, Terminal dan Stasiun Kereta

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 21/Apr/2023 14:39 WIB
Taruna BPSDMP di salah satu simpul transportasi Taruna BPSDMP di salah satu simpul transportasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mantap, pada masa arus Mudik Lebaran 2023 Kementerian Perhubungan membuka Pos Koordinasi (Posko) Angkutan Lebaran 2023 dimulai sejak H-8 hingga H+9 Lebaran baik di kantor pusat maupun di berbagai simpul transportasi seperti bandara, terminal, stasiun, dan pelabuhan guna membantu masyarakat pengguna jasa transportasi. 

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Djoko Sasono menginstruksikan kepada seluruh perguruan tingginya untuk melibatkan taruna/i transportasi di bawah Kementerian Perhubungan ikut serta dalam penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2023 (1444 H).

Baca Juga:
BPSDMP Siap Cetak SDM Transportasi ASDP Unggul dan Kompeten

“Para taruna turut membantu petugas dalam pelaksanaan pendataan angkutan, kampanye keselamatan, membantu mengarahkan penumpang pada area keberangkatan dan kedatangan, hingga memberi informasi serta membantu para pemudik yang mengalami kesulitan," tutur Djoko, Jumat (20/4/2023).

Sesuai dengan Instruksi Menteri Perhubungan No 4 Tahun 2023 Kegiatan monitoring angkutan lebaran ini merupakan tugas dari aparatur Kemenhub dalam mempersiapkan pelayanan angkutan lebaran baik kesiapan sarana dan prasarana, serta untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat sebagai pengguna jasa layanan angkutan. 

Baca Juga:
Gandeng ACI, BP3 Curug Gelar Pelatihan Advanced Airport Operation

“Kegiatan ini merupakan kesempatan yang baik bagi para taruna dalam mengimplementasikan ilmu yang mereka dapatkan dari sekolah sesuai matra yang mereka dalami yaitu darat, laut, dan udara. 

"Kegiatan ini juga merupakan kesempatan bagi para taruna untuk mengabdikan diri kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi," ungkapnya.

Baca Juga:
Plt Kepala BPSDMP Tekankan Pentingnya Kompetensi SDM Transportasi Darat dan Perkeretaapian

Djoko melepas peserta mudik gratis angkutan jalan tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat di Terminal terminal Kampung Rambutan, Jakarta timur pada Kamis (19/4/2023).

Kemenhub menggelar mudik gratis tahun 2023 dengan tema "Mudik Aman Berkesan" kepada masyarakat yang rindu pada kampung halaman. 

Berdasarkan hasil survey Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kemenhub, terdapat potensi pergerakan mastarakat pada masa angkutan lebaran di wilayah Jabodetabek sebesar 18,3 juta pemudik atau sekitar 54,3% dari jumlah penduduk Jabodetabek. 

"Mudik gratis dilakukan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, mengurangi potensi kecelakaan lalu lintas khususnya sepeda motor dan mengurangi kepadatan lalu lintas yang terjadi pada masa lebaran sebagai akibat tingginya volume kendaraan pemudik khususnya kendaraan pribadi," kata Djoko.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama kepada pihak yang terlibat sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik. 

"Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Walikota Jakarta Timur beserta jajarannya, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta, TNI dan Polri serta semua pihak yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan mudik gratis ini," tambah Djoko.

Keberangkatan peserta mudik gratis dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur kurang lebih sebanyak 4.568 penumpang dengan jumlah bus sebanyak 118 unit. (omy)