Sesjen Kemenhub Lepas Pemudik Gratis di Pelabuhan Tanjung Priok Kembali ke Rumah

  • Oleh : Naomy

Rabu, 26/Apr/2023 14:51 WIB
Sesjen Kemenhub Novie Riyanto sapa pemudik gratis dan bagikan sovenir Sesjen Kemenhub Novie Riyanto sapa pemudik gratis dan bagikan sovenir

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto melepas ribuan peserta mudik gratis pesepeda motor kembali ke rumah sesaat setelah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (26/4/2023).

“Alhamdulillah kapal tiba dengan selamat. Ikut mudik gratis naik kapal, perjalanan lebih lancar dan nyaman daripada mudik menggunakan sepeda motor, dan juga bisa mengurangi risiko kecelakaan. Program ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat dan Insyaallah akan kita teruskan,” jelas Novie.

Baca Juga:
Rebranding! INFA Menjelma jadi INFA & Port

Berdasarkan data sementara, dari total empat keberangkatan kapal (dua keberangkatan arus mudik dan dua keberangkatan arus balik, tercatat jumlah realisasi penumpang dan motor ribuan.

Untuk arus mudik, pada 15 April 2023 total realisasi jumlah peserta yang diberangkatkan sebanyak 1.145 orang dan 479 motor dan pada 17 April 2023 sebanyak 1.939 orang dan 816 motor. 

Baca Juga:
Indonesia Tuan Rumah ASEAN Hydrographic Survey Workshop 2023

Sedangkan untuk arus balik, pada 25 April 2023 sebanyak 1.083 orang dan 418 motor.

Selanjutnya, masih ada satu kali lagi keberangkatan mudik balik gratis naik kapal yang akan berlangsung pada 28 April 2023 mendatang dari Semarang menuju Jakarta. 

Baca Juga:
Kemenhub Perkenalkan Katalog Elektronik dalam Penyediaan Jasa Kapal Perintis

Adapun total kuota yang disediakan dari empat keberangkatan kapal pada program mudik gratis tahun ini sebanyak 5.000 motor dan 10.000 penumpang. 

Dari total kuota yang disediakan, jumlah total pendaftar mencapai 8.346 orang dan 3.715 motor.

Turut hadir pada acara tersebut Staf Ahli Bidang Kawasan dan Lingkungan Kemenhub Capt. Antoni Arif Priadi, Direktur KPLP Rivolindo, Direktur Kenavigasian Budi Mantoro, serta Kepala OP Utama Tanjung Priok Subagiyo juga Kepala PLP Priok Triyono dan Kepala KSU Capt. Weku Karuntu. (omy)