Sesditjen Hubla Tinjau Arus Balik di Pelabuhan Belawan

  • Oleh : Naomy

Minggu, 30/Apr/2023 18:09 WIB
Sesditjen Perhubungan Laut sapa penunpang di Pelabuhan Belawan Sesditjen Perhubungan Laut sapa penunpang di Pelabuhan Belawan

 

MEDAN (BeritaTrans.com) - H+8 Lebaran 2023, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Lollan Panjaitan meninjau proses arus balik masyarakat di Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara.

Baca Juga:
Kemenhub Teken Perjanjian Kerja Sama dengan BKI untuk Pemeliharaan KN Kenavigasian

Usai meninjau kedatangan dan keberangkatan KM.Kelud dengan rute Belawan-Batam, dia mengungkapkan, arus balik di Pelabuhan Belawan berjalan lancar dan terkendali.  

"Arus balik di Pelabuhan Belawan Berjalan baik dan lancar, tadi saya langsung meninjau KM. Kelud dengan rute Belawan-Batam masih banyak penumpang yang akan melakukan kegiatan untuk mudik," ujar Lollan, Ahad (30/4/2023).

Baca Juga:
Sesditjen Hubla Tinjau Pelabuhan Muara Angke

Dijelaskannya, KM. Kelud dari Batam ke Belawan mengangkut 2.384 penumpang sedangkan rute Belawan-Batam sebanyak 3.736 dan masih berada dalam batas kapasitas kapal.

"Jadi total pada yang naik dan turun dari KM. Kelud sebanyak 6.120 penumpang," kata Lollan.

Baca Juga:
Standarisasi Pelayanan Pelabuhan Dibutuhkan untuk Meningkatkan Kinerja Lognas

Dia mengapresiasi seluruh stakeholder yang bertugas di Pelabuhan Belawan atas koordinasi yang baik, masyarakat dapat mudik dan balik nyaman lancar.

"Kelancaran masyarakat dalam mudik tahun 2023 ini juga berkat koordinasi yang baik, apresiasi saya berikan kepada instansi TNI/Polri,  Pemerintah Daerah,  PT Pelni, Pelindo,  dan stakeholder terkait lainnya," ungkapnya.

Dia juga mengapresiasi masyarakat yang telah mematuhi peraturan yang ada serta mematuhi instruksi para petugas di lapangan demi kelancaran dan kenyamanan.

"Saya mengapresiasi Masyarakat dalam hal ini para penumpang kapal yang telah mematuhi peraturan dan instruksi petugas sehingga hari ini saya melihat para penumpang disiplin, tertib dan mudah diatur. Saya juga mengimbau kepada masyarakat untuk membeli tiket secara online agar mendapatkan kepastian waktu berangkat sehingga bisa datang ke pelabuhan mendekati waktu keberangkatan kapal," pungkas Lollan.

Turut hadir dalam peninjauan tersebut Kapolres Belawan, Joshua Tampubolon, Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan Capt. Bharto, Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Capt. Wisnu Handoko dan Plt. Kadisnav Tipe A Kelas I Belawan Capt. Reynaldo Sjukri. (omy)