Pastikan Keamanan Laut Labuan Bajo, Pangkalan PLP Priok Kerahkan Kapal Patroli di Gelaran KTT ASEAN

  • Oleh : Ahmad

Selasa, 09/Mei/2023 16:16 WIB
foto:istimewa/pplppriok foto:istimewa/pplppriok

LABUAN BAJO (BeritaTrans.com) - Memastikan keamanan dan kelancaran acara KTT ASEAN ke-42, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Direktorat KPLP telah menyiagakan Kapal Patroli KPLP dan sejumlah personel di perairan Labuan Bajo.

Baca Juga:
Kebakaran Kapal MV Layar Anggun 8 di Perairan Tanjung Berakit Berhasil Diselamatkan Tim KPLP

Kapal patroli yang diterjunkan adalah Kapal Patroli KPLP KN Chundamani P.116, yang dimiliki oleh Pangkalan PLP Kelas II Tanjung Perak dan KN Jembio milik Pangkalan PLP Kelas I Tanjung Priok.

Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kls I Tg. Priok Jakarta menyiapkan 1 kapal patroli KPLP KN.JEMBIO-P.215 serta personel Quick Response Team untuk pengawasan dan pengamanan jalur laut .

Baca Juga:
Kemenhub Fasilitasi Mudik Gratis dari Pelabuhan Celukan Bawang ke Kepulauan Raas

Kepala Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai Kelas I Tg. Priok, Triono, memerintahkan kepada Komandan KN.JEMBIO-P.215 Capt. Luhut untuk bersinergi dan kolaborasi dengan stakeholder untuk pengawasan dan pengamanan dari sisi jalur laut agar kegiatan KTT tersebut berjalan lancar dan aman.

Sementara itu Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Rivolindo memberikan apresiasi kepada para nelayan di Labuan Bajo yang turut mendukung kelancaran KTT ASEAN ke-42 yang berlangsung pada 9-13 Mei 2023.

Baca Juga:
Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2024, Pangkalan PLP Tanjung Priok Ditjen Hubla Kemenhub Kerahkan Armada Patroli di Perairan Indonesia

Sebagai bentuk apresiasi, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan memberikan bantuan 1.000 paket sembako kepada para nelayan. Direktur KPLP didampingi oleh Wakil Bupati Manggarai Barat, Yulianus Weng. Adapun Penyerahan bantuan sembako ini merupakan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dilaksanakan di terminal multipurpose Wae Kelambu, Labuan Bajo NTT dan dikoordinir oleh Kepala Kantor KSOP Kelas III Labuan Bajo, Hasan Sadili.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Rivolindo berikan bantuan 1.000 paket kepada nelayan Labuan Bajo

"Kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang baik antara para nelayan dan instansi terkait dalam menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran selama perhelatan acara KTT ASEAN ke 42," tutur Rivolindo di Labuan Bajo, Selasa (9/5/2023). Semoga bantuan ini bermanfaat bagi para nelayan di wilayah Labuan Bajo. 

"Kami juga mengapresiasi para nelayan yang telah membantu menjaga keamanan, ketertiban dan kelancaran acara, serta menunjukkan solidaritas yang tinggi dari masyarakat nelayan Labuan Bajo," ujarnya. Selanjutnya, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut berharap agar kebersamaan dan dukungan dari para nelayan terus terjaga di masa depan, serta dapat terus berkontribusi dalam menjaga keamanan dan kelancaran kegiatan di wilayah Labuan Bajo, NTT.(ahmad)