Rencana Layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta Dibahas Intens

  • Oleh : Naomy

Sabtu, 10/Jun/2023 13:26 WIB
Layanan Tansjakarta (dok) Layanan Tansjakarta (dok)

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta tengah dibahas oleh instansi terkait secara intens. 

Pembahasan telah dilakukan beberapa kali dan yang terbaru kemarin (9/6/2023) dilakukan pertemuan antara President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Welfizon Yuza. 

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta menargetkan para pekerja di seluruh instansi yang ada di bandara. 

Awaluddin mengatakan,  pembahasan bersama seluruh pihak berjalan dengan baik dan lancar.

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

“Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta telah melalui pembahasan beberapa kali, antara AP II selaku pengelola bandara dengan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan PT Transportasi Jakarta,” jelasnya, Sabtu (10/6/2023).

Dia mengatakan, pembahasan ini sebagai tindak lanjut dari usulan layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta yang disampaikan saat pertemuan dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, beberapa waktu lalu.  

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

“Kami sangat berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama mengkaji kemungkinan layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta,” ujar Awaluddin.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Welfizon mengatakan, layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta tentunya akan dilengkapi dengan perizinan rute yang dilayani.

“Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta juga dipastikan memenuhi standar layanan minimum, tidak boleh diluar ini, termasuk terkait dengan headway (selisih antar waktu keberangkatan bus),” kata dia. 

Adapun layanan bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta tentu nantinya menjadi satu kesatuan ke dalam jaringan operasional dan konektivitas Transjakarta. 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana menuturkan, telah dilakukan survei dengan responden para pekerja di bandara untuk mendapatkan masukan rute mana yang nantinya dilayani oleh bus Transjakarta. 

“Agar kebutuhan layanan rute yang tepat sasaran dan juga memertimbangkan waktu tempuh,” ulas Dwi Ananda. 

Kajian secara peraturan juga dilakukan mencakup mengenai trayek, rute dan hal-hal lainnya agar operasional bus Transjakarta tetap sesuai regulasi yang berlaku. 

“Seluruh layanan di Bandara Soekarno-Hatta, termasuk transportasi publik harus mematuhi dan memenuhi semua regulasi,” ungkapnya. 

Dalam waktu dekat akan dilakukan simulasi operasional bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta. (omy)