Dirjen Hubdat Minta Pembangunan Terminal Tipe A Cepu Optimalkan Konsep New Terminal

  • Oleh : Naomy

Jum'at, 16/Jun/2023 20:36 WIB
Dirjen Perhububgan Darat Hendro Sugiatno Dirjen Perhububgan Darat Hendro Sugiatno

BLORA (BeritaTrans.com) - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno meletakkan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Terminal Tipe A Cepu, Kabupaten Blora, Jumat (16/6/2023). 

Dirjen Hendro mengatakan, Terminal Tipe A Cepu akan dioptimalkan fungsinya dengan mengusung konsep New Terminal. 

Baca Juga:
Kemenhub Pastikan Berantas Praktik Travel Gelap

"Dalam konsep New Terminal maka akan hadir sebuah Terminal Tipe A yang memiliki kearifan lokal sosial budaya. Dilengkapi dengan fasilitas utama, penunjang, dan fasilitas komersil untuk mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah," tuturnya. 

Menurut dia, konsep perencanaan terminal dibuat terintegrasi dengan pusat kegiatan masyarakat setempat seperti perkantoran, pendidikan, dan pemukiman serta mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru wilayah (mixuse).

Baca Juga:
Kemenhub: Penggunaan Sabuk Pengaman Wajib Saat Berkendara!

Pembangunan Terminal Tipe A di Cepu ini fungsinya bukan hanya untuk menaikkan dan menurunkan penumpang saja.

"Tapi ada fungsi-fungsi lain yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Cepu. Seperti halnya untuk destinasi kuliner, sehingga terminal ini hidup dan tumbuh," ungkapnya.

Baca Juga:
Dirjen Hubdat Bagikan Tips Aman Bagi Pemudik Saat Gunakan Lajur Contraflow

Selain itu, tambahnya, juga akan dilakukan optimalisasi layanan terminal dengan pola kepengusahaan dalam rangka mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional sebagaimana arahan Bapak Presiden. 

“Kita tata agar lebih baik lagi dan nanti Insya Allah akan menjadi bangunan yang representatif di Cepu dalam upaya memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat Cepu,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu, Dirjen Hendro juga mengharapkan sinergitas antara Pemerintah Pusat dalam hal ini Kemenhub dengan Pemerintah Kabupaten Blora menjadi contoh yang baik bagi daerah lainnya dalam mewujudkan peningkatan pelayanan yang aman, nyaman dan selamat kepada pengguna jasa transportasi jalan raya dan terminal sebagai simpulnya.

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR Sudewo menyampaikan, Terminal Tipe A Cepu nantinya tidak hanya menghadirkan fisik tetapi juga ada unsur keindahan, sosial, dan ekonomi.

"Dirancang dengan tingkat estetika yang tinggi. Meskipun hadir secara modern tetapi tidak menggusur unsur tradisionalnya. Insya Allah lingkungan juga akan diatur dengan baik,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Blora, Arief Rohman memohon dukungan untuk program-program yang dapat menunjang keberadaan Terminal Tipe A Cepu agar semakin mampu memberikan manfaat, selain bisa menyambungkan kota-kota di sekitar Cepu juga bisa menjangkau kabupaten-kabupaten yang lainnya.

Terminal tersebut dibangun dengan luas lahan 15.748 m2 di jalan Megal, Balun, Kec. Cepu, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. 

Pemerintah mengalokasikan dana anggaran Rp32 miliar untuk pembangunan dan direncanakan selesai akhir tahun 2023.

Kemenhub nantinya juga memberikan kesempatan kepada berbagai pihak, termasuk swasta, BUMN maupun BUMD untuk bekerjasama dalam pengembangan infrastruktur Terminal Penumpang Tipe A Cepu melalui berbagai skema kerjasama yang dapat melibatkan pihak ketiga.

Turut hadir dalam acara tersebut Plt. Direktur Prasarana Transportasi Jalan Susanty Pertiwi; Kepala BPTD Kelas II Provinsi Jawa Tengah, Eko Agus Susanto; Forkopimda Kabupaten Blora, serta pejabat terkait lainnya. (omy)