5 Kendaraan Tabrakan Beruntun di Jalur Pantura Tuban, Ini Penyebabnya

  • Oleh : Bondan

Jum'at, 16/Jun/2023 23:05 WIB
Insiden kecelakaan beruntun terjadi di jalur Pantura, tepatnya di Jalan Tuban-Widang KM 9-10, Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jumat (16/6/2023) pagi. (Ist) Insiden kecelakaan beruntun terjadi di jalur Pantura, tepatnya di Jalan Tuban-Widang KM 9-10, Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jumat (16/6/2023) pagi. (Ist)

TUBAN (BeritaTrans.com) -- Insiden kecelakaan beruntun terjadi di jalur Pantura, tepatnya di Jalan Tuban-Widang KM 9-10, Desa Tunah, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Jumat (16/6/2023) pagi. 

Akibat insiden kecelakaan itu, lima kendaraan terlibat kecelakaan hingga saling tumpang tindih di dekat kantor balai desa setempat.

Baca Juga:
Pemudik Sepeda Motor Mulai Padati Jalur Pantura Cirebon

Kelima kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun itu yaitu truk tronton nopol L-8732-UU, dump truk nopol S-9371-UF, mobil Avanza nopol L-1268-BAI, dump truk nopol S-9517-UA, dan satu kendaraan truk yang tidak diketahui identitasnya.

Gaguk Yulianto, sopir truk tronton yang kendaraannya ikut terlibat kecelakaan beruntun itu mengatakan, saat kejadian dirinya tidak tahu mengapa dump truk yang berada tepat di depannya mengerem mendadak tanpa menyalakan lampu hazard-nya.

Baca Juga:
Pemudik Motor Mulai Ramai Lintasi Jalur Pantura Kalimalang Bekasi

“Ya, tahu-tahu ngerem. Kendaraan di depan saya berhenti ndadak. Jadi ya tabrakan, Mas,” ujar Yulianto yang mau mengirim barang dari Jakarta ke Surabaya.

Sementara itu, Kanit Penegakan Hukum (Gakum) Satlantas Polres Tuban Ipda Eko Sulistyono kepada Tugu Jatim menuturkan, kejadian kecelakaan beruntun itu bermula saat kendaraan truk yang dikemudikan Gaguk Yulianto berjalan dari arah utara tidak penuh konsentrasi. Sopir kemudian menabrak belakang dump truk nopol S-9371-UF yang dikemudikan Sukad yang berjalan searah di depannya.

Baca Juga:
Pemotor Tewas Usai Tabrak Bus hingga Jatuh dan Terlindas Truk di Jalan Raya Pantura Tuban

Dia melanjutkan, kendaraan dump truk ini berhenti mendadak karena di depan ada kendaraan yang diduga berbelok. Dump truk terus bergerak ke depan dan menghantam mobil Avanza yang dikemudikan Moch Imam Muttaqin hingga bodi kendaraan ringsek.

Menurut dia, mobil Avanza yang terdorong juga menabrak mobil dump truk lainnya bernopol S-9517-UA. Begitu pula kendaraan ini maju ke depan dengan cepatnya menghantam truk lainnya yang tidak dikenal identitasnya.

“Akibatnya, keempat kendaraan ini rusak lumayan parah hingga bodinya ringsek,” ucap Eko, dalam keterangannya.

Eko menyampaikan, keempat kendaraan telah diamankan beserta sopirnya untuk dimintai keterangan terkait kronologi kejadian kecelakaan beruntun itu.

“Sementara dalam peristiwa ini tidak ada korban jiwa. Hanya saja, kerugian materiil ditaksir sekitar Rp25 juta,” ujarnya. (Dan)