Bandara Kertajati Layani Kepulangan Jamaah Haji Mulai 9 Juli 2023

  • Oleh : Naomy

Senin, 03/Jul/2023 16:35 WIB
Suasana di Bandara Kertajati Suasana di Bandara Kertajati

 

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Mulai 9 Juli hingga 3 Agustus 2023, Bandara Kertajati Majalengka, akan melayani penerbangan kepulangan jemaah haji dengan total penerbangan sebanyak 25 kloter. 

Baca Juga:
Trafik penerbangan di Bandara Angkasa Pura II Naik 5% di Periode Angleb

Ini kata Executive General Manager Bandara Kertajati Nuril Huda, sekaligus membuktikan bahwa lalu lintas penerbangan di Bandara Kertajati kelolaaan PT Angkasa Pura II itu semakin bergeliat tahun ini. 

“Keberangkatan calon jemaah haji dari Bandara Kertajati telah berlangsung dari 28 Mei hingga 23 Juni 2023 dengan total 25 kloter dan jumlah calon jemaah haji mencapai 9.268 orang,” tutur Nuril, Senin (3/7/2023).

Baca Juga:
Ini 3 Indikator Bikin Angleb di Bandara Angkasa Pura II Sukses

Sebelumnya pada April 2023, Bandara Kertajati melayani penerbangan umrah sebanyak 200 jemaah yang terbang menggunakan maskapai Lion Air. 

Kemudian pada Mei 2023 sebanyak 143 jemaah umrah terbang dari Bandara Kertajati menuju Tanah Suci dengan maskapai Garuda Indonesia. 

Baca Juga:
Mantap, Meroket 15 Tangga, Bandara Soekarno-Hatta jadi Peringkat 28 Terbaik Dunia Tahun 2024

Pihaknya berterimakasih atas dukungan seluruh stakeholder sehingga Bandara Kertajati mampu dengan baik melayani penerbangan umrah dan keberangkatan calon jemaah haji. 

Bandara Kertajati mulai 17 Mei 2023 juga telah melayani penerbangan reguler AirAsia menuju Kuala Lumpur, Malaysia. 

AirAsia mengoperasikan penerbangan ke Kuala Lumpur ini sebanyak dua kali dalam seminggu yakni pada Rabu dan Minggu. 

Nuril menuturkan, penerbangan dari dan ke Kuala Lumpur ini diminati wisatawan kedua negara. 

“Kami berharap penerbangan dari Kertajati - Kuala Lumpur - Kertajati ini dapat turut mendukung pertumbuhan sektor pariwisata Jawa Barat,” ujar Nuril. 

Adapun maskapai Garuda Indonesia juga akan membuka penerbangan khusus Umrah melalui Bandara Kertajati - Jeddah (Arab Saudi) mulai 6 Agustus 2023. 

“Dibukanya penerbangan khusus Umroh menuju Jeddah ini sekaligus menandakan adanya potensi yang cukup besar untuk penerbangan umrah di Bandara Kertajati. Penerbangan ini memudahkan masyarakat di Jabar bagian timur seperti Cirebon, Indramayu dan Majalengka, Kuningan serta juga masyarakat di Jawa Tengah bagian barat seperti Tegal dan Bebres untuk beribadah umrah,” urainya. 

Menurutnya, pasar penerbangan internasional di Bandara Kertajati juga terbuka luas sejalan dengan banyaknya sektor industri di sekitar bandara.

Penerbangan Kargo

Bandara Kertajati juga sangat mendukung sektor industri di Jawa Barat dengan melayani penerbangan kargo. 

Bahkan, pada 22 Maret 2023, Bandara Kertajati melayani pendaratan salah satu pesawat kargo (freighter) terbesar di dunia yakni Antonov 124-100 yang membawa mesin pabrik. 

“Bandara Kertajati sangat siap dari sisi fasilitas dan operasional untuk mendukung perekenomian di Jawa Barat,” ujar Nuril. 

Bandara Kertajati pada tahun ini juga melayani penerbangan umum (General Aviation), antara lain penerbangan flying school dan Private Jet lainnya.

“Ada sekitar tiga flying school yang menggunakan Bandara Kertajati sebagai tempat latihan karena kelengkapan fasilitas Instrument Landing System (ILS) dan lainnya, kami berharap Bandara Kertajati juga dapat mendukung pengembangan sektor penerbangan nasional,” imbuh  Nuril. 

Dalam waktu dekat, akses dari dan ke Bandara Kertajati juga diperkuat dengan dibukanya Tol Cisumdawu secara penuh. (omy)