Pembangunan Proyek Stasiun KRL JIS Sudah Capai 30%

  • Oleh : Fahmi

Kamis, 06/Jul/2023 14:58 WIB
Foto:Ilustrasi Foto:Ilustrasi

JAKARTA (BeritaTrans.com) - Progres pembangunan stasiun kereta rel listrik (KRL) di kawasan Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara sudah mencapai 30%. Stasiun KRL dibangun untuk mempermudah akses masyarakat yang ingin menuju JIS.

Berdasarkan pantauan wartawan di lokasi, Rabu (5/7/2023), proyek stasiun KRL JIS ini terletak tepat di depan (sisi barat) stadium. Proyek ini berhadapan langsung dengan Jl. R. E. Martadinata.

Baca Juga:
Stasiun Bekasi Hampir Rampung, Begini Rupanya Sekarang

Pada bagian sisi samping proyek yang berhadapan langsung dengan jalan, sudah dibangun dinding-dinding penghalang yang terbuat dari pembatas jalan beton dan seng.

Mengintip ke dalam proyek, terlihat sebuah pos jaga sementara bewarna putih sudah terbangun di sana. Terlihat sejumlah alat berat seperti crane paku bumi dan all terrain crane terparkir di sekitar proyek.

Baca Juga:
Stasiun Bekasi Tinggal Sedikit Lagi Rampung, Begini Keadaanya!

Lebih lanjut, terlihat juga sejumlah pipa besi menumpuk di salah satu titik proyek. Ada juga terlihat satu pipa besar dan sejumlah tumpukan plat besi berbentuk 'U' di titik proyek lainnya.

Sebagai tambahan informasi, Dinas Perhubungan DKI Jakarta menargetkan proyek itu akan selesai April 2024. Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo.

Baca Juga:
Pembangunan Seluruh Stasiun Bekasi Sedikit Lagi Rampung, Begini Keadaanya!

"Saat ini sedang kami siapkan stasiun KRL sementara di JIS. Pembangunannya sudah 30%," kata dia dikutip dari antara.

Syafrin mengakui ada sejumlah kendala dalam pembangunan Stasiun KRL di kawasan JIS, salah satunya pembangunan jembatan penyeberangan orang (JPO). Pembangunan JPO ke JIS harus menunggu pemasangan tutup beton tiang penyangga (pile cap) proyek Tol Harbour Road II.

Jadi, JPO baru bisa dibangun setelah pembangunan tol selesai. Sedangkan peron stasiun KRL tersebut saat ini masih dalam proses penyelesaian.(fhm)