Peran dan Strategi Humas Pelindo Regional 2, Implementasikan Budaya Perusahaan

  • Oleh : Ahmad

Jum'at, 21/Jul/2023 20:00 WIB
foto:istimewa/pelindoreg2 foto:istimewa/pelindoreg2

BOGOR (BeritaTrans.com) - Setiap perusahaan seharusnya memiliki budaya perusahaan atau yang dikenal sebagai corporate culture. Hal ini penting karena berkaitan dengan identitas perusahaan itu sendiri  dimata pihak luar, image atau citra perusahaan, dan berkaitan dengan kualitas perusahaan dimasa depan.

Eksistensi sebuah perusahaan tidak hanya bergantung pada hasil produktivitas yang dicapai oleh perusahaan, namun juga pengakuan masyarakat akan perusahaan tersebut. Keberhasilan perusahaan tergantung oleh berbagai faktor termasuk aspek Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya fungsi humas dan kehumasan.

Baca Juga:
Disambut EGM Pelindo Regional 2 Tanjung Priok, KM Dobonsolo Angkut Pemotor Arus Balik Gratis Terakhir Tiba di Pelabuhan Tanjung Priok

Peran para staff humas dalam menjaga dan mengimplementasikan budaya perusahaan dinilai sangat penting, yang mana didalamnya mencakup keterbukaan antar karyawan, manajemen partisipatif, adanya kerja sama dan pemahaman yang baik dari para General Manager atau pimpinan dengan Staff Humas agar dapat memahami dengan baik peran kehumasan untuk selalu memberikan informasi seputar kegiatan perusahaan bagi masyarakat luas.

Terkait hal tersebut, peran dan strategi Pelindo Regional 2 sebagai salah satu Regional dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) yaitu dengan membekali humas dalam menjaga dan  mengimplementasikan Budaya Perusahaan.

Baca Juga:
Pelindo Regional 2 Tanjung Priok Fasilitasi Pemudik Motor Gratis Naik Kapal Laut Melalui Pelabuhan Tanjung Priok

“Hal ini bertujuan untuk merefresh kembali ke para General Manager dan Staff Humas agar dapat memahami peran kehumasan untuk selalu memberikan informasi seputar kegiatan perusahaan bagi masyarakat luas, sehingga masyarakat juga dapat mengetahui dampak Transformasi Pelindo untuk masyarakat,” kata Drajat Sulistyo Regional Head 2 Pelindo, dalam kegiatan Forum Humas, yang digelar Pelindo  Regional 2.

Untuk diketahui, Pelindo Regional 2 baru-baru ini (13/7) menggelar kegiatan Forum Humas Regional 2 untuk para General Manager beserta para staff Humas dengan  menghadirkan Arrozi Effendi dari Head of Public Relations KG Media & KompasTV sebagai nara sumber. Kegiatan yang digelar di PT PMLI Ciawi Bogor, diikuti oleh 12 orang General Manager, 12 Humas Cabang yang berkegiatan di wilayah Regional 2,  perwakilan Departement Head Hukum dan Humas Regional 3, 4 serta beberapa perwakilan Humas Sub Holding SPSL, SPJM, SPMT, SPTP dan Anak Perusahaan Non Cluster ILCS, EDII, PMLI dan JICT.

Baca Juga:
Pelindo Regional 2 Teluk Bayur Siap Layani Arus Mudik Lebaran Tahun 2024

“Forum Humas ini adalah kegiatan yang dilaksanakan untuk kedua kalinya di Regional 2, yang merupakan bagian dari komitmen Regional 2 dalam mengimplementasikan budaya AKHLAK dalam memberikan informasi baik kepada pihak internal maupun eksternal,” ungkap Drajat.

“Melalui kegiatan Forum Humas ini, diharapkan dapat mendorong kesadaran humas yang ada di 12 Cabang Regional 2 untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam memberikan informasi seputar kegiatan Pelabuhan yang dikelola PT Pelindo Regional 2, khususnya kepada masyarakat luas,” tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan pula  penandatanganan Komitmen Bersama Pelaksana Fungsi Kehumasan dengan masing-masing General Manager terkait tugas dan Pelaksana Fungsi Kehumasan di lingkungan pelabuhan Regional 2, diakhiri foto bersama para Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Regional Head 2 Pelindo dan para General Manager.

Group Head Sekretariat Perusahaan PT Pelabuhan Indonesia (Persero), Ali Mulyono, yang turut hadir mengapresiasi dan  menyambut baik digelarnya kegiatan Forum Humas tersebut.

“Kegiatan ini penting untuk meningkatkan kesadaran dari semua pihak untuk berkontribusi dan berperan aktif dalam penyampaian berita atau informasi,  sebagaimana yang telah ditandatangani dalam Komitmen Bersama Pelaksana Fungsi Kehumasan, dimana ada beberapa point yang harus dikerjakan oleh humas cabang yaitu berperan aktif dalam pemberitaan tentang kegiatan perusahaan,” tutur Ali Mulyono.

Sementara itu, Departement Head Hukum dan Humas, Guswita Dewi menuturkan bahwa berbagai informasi dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat, namun sebelumnya informasi-informasi yang akan disampaikan pada masyarakat harus diolah dengan baik terlebih dahulu agar infofmasi  tersampaikan sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

“Jika tidak diolah dengan baik, masyarakat bisa saja memperoleh informasi yang tidak sesuai dengan kondisi atau keadaan dan data yang sebenarnya. Di sinilah fungsi Humas dibutuhkan, yakni bagaimana menyajikan informasi yang ada di perusahaan dengan baik dan benar serta intens.” pungkas Guswita Dewi.(ahmad)