Menparekraf Apresiasi Maskapai IndiGo Airlines Terbang Langsung dari Mumbai ke Jakarta

  • Oleh : Naomy

Senin, 07/Agu/2023 21:02 WIB
Maskapai IndiGo Airlines Maskapai IndiGo Airlines

 

JAKARTA (BeritaTrans.com)  - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi maskapai IndiGo Airlines yang melakukan penerbangan langsung (direct flight) perdana dari India ke Indonesia dengan rute Mumbai ke Jakarta.

Baca Juga:
Menparekraf dan Angkasa Pura I Bahas Peningkatan Layanan bagi Wisatawan di Bandara Bali

Menparekraf Sandiaga menjelaskan, konektivitas menjadi kunci untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara, terlebih penerbangan langsung dari India ke Indonesia sudah lama dinantikan. 

“Melalui penerbangan IndiGo ini, diharapkan akan mendatangkan lebih banyak wisman India ke Indonesia, sehingga berkontribusi pada peningkatan pendapatan devisa negara dari sektor pariwisata serta penambahan lapangan kerja,” tutur Sandiaga, Senin (7/8/2023).

Baca Juga:
Kemenparekraf-Angkasa Pura II Gelar Pelatihan Hospitality Skills di Bandara Soekarno-Hatta

Dia menjelaskan, pendaratan pesawat IndiGo di Jakarta ini juga menjadi penanda dibukanya kembali rute penerbangan langsung dari originasi India ke Indonesia setelah sempat vakum selama empat tahun. 

"Penerbangan ini akan beroperasi satu kali penerbangan setiap harinya," ungkapnya. 

Baca Juga:
Menparekraf Harap Penerbangan Langsung Egypt Air Mesir-Jakarta Mampu Perkuat Sektor Parekraf

Ke depan, diyakini akan lebih banyak lagi maskapai yang membuka rute penerbangan langsung, mengingat tren pasar wisatawan mancanegara asal India selalu meningkat dan Indonesia merupakan destinasi yang amat disukai oleh wisman asal India dengan keindahan alam dan kemiripan budayanya.

Untuk menyambut penerbangan perdana IndiGo Airlines rute Mumbai-Jakarta, Kemenparekraf/Baparekraf mendukung kegiatan Inaugural Flight IndiGo yang dilaksanakan di Terminal 2 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. 

IndiGo Airlines menggunakan pesawat Airbus A320 bernomor 6E-1601 yang akan berangkat dari Mumbai pukul 07.55 waktu India dan tiba di Jakarta pukul 16.10 WIB dengan membawa 167 penumpang. 

Setibanya di Terminal 2, para penumpang akan disambut oleh perwakilan Kemenparekraf/Baparekraf didampingi oleh Abang None Jakarta dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta, serta disuguhkan tarian kontemporer bernuansa tradisional betawi persembahan Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Barat. 

Para penumpang pesawat juga akan mendapatkan giveaway berupa cinderamata bernuansa Wonderful Indonesia. 

Sebagai rangkaian program promosi pariwisata dan untuk mendukung inaugural flight tersebut, Kemenparekraf juga melakukan kolaborasi dengan IndiGo yaitu mengadakan online contest di media sosial untuk calon wisatawan mancanegara asal India serta kegiatan Famtrip media dan influencer India di Jakarta pada 7 sampai 10 Agustus 2023. 

Famtrip tersebut diikuti oleh 13 peserta yang terdiri dari jurnalis, social media influencer, dan perwakilan IndiGo. Mereka akan dikenalkan dengan nuansa budaya dan sejarah Jakarta dengan mengunjungi sejumlah atraksi seperti Museum Nasional, Taman Mini Indonesia Indah, dan wisata bahari di Kepulauan Seribu. 

"Selain itu, peserta juga akan dikenalkan dengan beragam kuliner khas Indonesia," kata dia. 

Sejumlah mitra dari industri pariwisata juga turut berkolaborasi dalam rangkaian kegiatan promosi inaugural flight IndiGo Airlines, untuk penyediaan akomodasi peserta akan didukung oleh Ritz-Carlton Mega Kuningan dan Le Meridien Jakarta, serta Nusa Ina Leisure (Ina Leisure Tour) yang menyediakan paket wisata. (omy)